Lihat ke Halaman Asli

Pelatihan Pemasaran Produk Secara Digital Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia(PPDI) Kabupaten Grobogan

Diperbarui: 7 Maret 2023   14:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. Penemuan teknologi baru serta pemanfaatan yang semakin meluas dalam segala kehidupan manusia zaman sekarang. Tak terkecuali dalam bidang kewirausahaan, salah satu pemanfaatan teknologi yang canggih adalah digital marketing. Para pengusaha memanfaatkan digital marketing untuk mempermudah dan memperkenalkan bisnis kepada masyarakat luas.

Oleh karena itu, Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Universitas PGRI Semarang 2022 melaksanakan kegiatan “Pelatihan Digital Marketing pada Komunitas Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Grobogan”. Kegiatan tersebut merupakan bentuk prakarsa perubahan yang bermanfaat untuk komunitas PPDI yang diadakan oleh kelompok 1 terdiri dari tujuh anggota yaitu Ahlul Mufid Himayanti, Delvi Zuhdi Alfiandi, Lenisa Wahyu Rositania, Mohamad Haris Tantoko Aji, Riska Safitri, Siti Rohmatul Ulfa, Norma Shinta Andari Fitriani mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Universitas PGRI Semarang 2022 sebagai bentuk pengabdian masyarakat pada mata kuliah Projek Kepemimpinan yang diampu oleh Ibu Veryliana Purnamasari, M.Pd.

Pelatihan Digital Marketing difokuskan pada pemasaran produk komunitas menggunakan media digital YouTube. Tujuannya adalah produk buatan komunitas dapat dipasarkan lebih luas, sehingga dapat meningkatkan pemasukan komunitas PPDI dalam penjualan produk komunitas. Pelatihan dihadiri oleh 1 narasumber ahli dibidangnya yaitu Bapak Ahmad Mudhofar, S.Pd. owner dari Ammor Konveksi kabupaten Grogoban , 5 anggota PPDI kabupaten Grobogan dan 7 mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Universitas PGRI Semarang 2022.

Projek pelatihan dilaksanakan pada hari Minggu, 26 Februari 2023 dengan 2 sesi. Sesi pertama penyampaian materi pukul 09.00-11.30 WIB. Sesi kedua praktik langsung menguploud 5 buah video YouTube dengan menggunakan rumus Excel. Anggota kelompok projek ikut membantu praktik peserta pelatihan secara langsung dengan memberikan bantuan berupa arahan mulai dari awal sampai video berhasil teruploud.

Adapun output yang didapatkan adalah 4 video peserta pelatihan sudah mampu menempati urutan nomor 1 dalam pencarian di YouTube. Namun masih terdapat 1 video yang belum mampu menduduki peringkat nomor 1. Berdasarkan capaain tersebut maka projek pelatihan pemasaran produk secara digital pada komunitas PPDI Grobogan sudah terlaksana dengan baik.

Dokumentasi : 

Dokpri

Dokpri

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline