Lihat ke Halaman Asli

Siti Rohmah Kurniasih

Guru Pendidikan Agama Islam

#7 Merancang Game Edukasi Lumi H5P Menggunakan Kanvas ASSURE

Diperbarui: 29 Oktober 2024   16:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

instagram.com/sitirohmahkurniasih

Pada hari Rabu, 23 Oktober 2024, saya berkesempatan berbagi praktik baik dengan rekan-rekan di KKG PAI Kecamatan Dayeuhkolot. Topik utama yang saya sampaikan adalah tentang "Merancang Game Edukasi menggunakan aplikasi Lumi H5P dan memanfaatkan kanvas ASSURE". Kegiatan ini bertujuan untuk membekali para pendidik dengan keterampilan dalam menciptakan media pembelajaran yang interaktif dan menarik bagi siswa.

instagram.com/sitirohmahkurniasih

Dalam dunia pendidikan yang terus berkembang, kebutuhan akan media yang dapat melibatkan siswa dengan cara yang kreatif dan interaktif menjadi semakin mendesak. Lumi H5P menjadi pilihan tepat karena fitur-fiturnya yang memungkinkan kita membuat game edukasi yang sederhana namun efektif. Agar proses perancangan lebih terarah dan terstruktur, kami menggunakan model ASSURE, yang membantu memastikan bahwa setiap elemen dalam media tersebut memenuhi kebutuhan dan gaya belajar siswa.

instagram.com/sitirohmahkurniasih

Pada sesi ini kegiatan di awali dengan penjelasan singkat mengenai setiap komponen dari ASSURE:

Analyze Learners -- Mengenali profil siswa yang akan menjadi pengguna.

State Objectives -- Merumuskan tujuan belajar yang jelas dan terukur.

Select Methods, Media, and Materials -- Memilih metode dan media yang tepat, yaitu game edukasi berbasis Lumi H5P.

Utilize Media and Materials -- Praktik langsung membuat konten di Lumi H5P.

Require Learner Participation -- Merancang aktivitas dalam game yang mengharuskan partisipasi siswa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline