Lihat ke Halaman Asli

Siti Rohma

Mahasiswa

Penting Peran Orangtua dan Pendidik dalam Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19

Diperbarui: 1 November 2021   18:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Selama pandemi Covid-19 saat ini, peserta didik memang diharuskan untuk melakukan belajar dari rumah masing-masing atau yang biasa disebut daring. 

Memang pada awal pembelajaran daring terasa aneh dan mungkin semua peserta didik belum terbiasa untuk melakukan belajar jarak jauh, dari yang hampir setiap pertemuan di sekolah peserta didik mendapatkan pengajaran dari pendidik secara tatap muka hingga bermain bersama teman sebayanya. 

Namun selama pandemi Covid-19 hanya mendapatkan pengajaran lewat internet dengan menggunakan media handphone, laptop dan teknologi lainnya yang dapat membantu anak dalam proses belajarnya.

Sebelum melanjutkan pembahasan, ketahuilah dahulu pengertian dari penilaian....

Penilaian adalah proses menilai sesuatu berdasarkan suatu kriteria tertentu (Sudjana, 2011). Purwanto menyatakan bahwa penilaian adalah pengambilan keputusan berdasarkan hasil pengukuran dan kriteria tertentu (Purwanto, 2011). 

Gronlund mengartikan penilaian sebagai suatu proses yang sistematis dari pengumpulan, analisis dan interprestasi informasi atau data untuk menentukan sejauh mana peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran (Gronlund, 1981). 

Dari beberapa pendapat diatas dapat disimpulakan bahwa penilaian merupakan proses menilai dari hasil pengumpulan data yang fakta berdasarkan kriteria dan jangka waktu tertentu untuk mengetahui perkembangan dari setiap peserta didik dalam pencapaiannya. 

Pada kondisi pandemi Covid-19 sangat dibutuhkan peran orang tua dan juga pendidik dalam proses pembelajaran anak agar semua berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rencana yang dirancang. Walaupun proses belajar dilakukan dari rumah, pendidik juga harus tetap mengawasi, menilai dan mengevaluasi terhadap semua perkembangan dari setiap peserta didik. 

Penilaian yang dilakukan oleh pendidik harus sesuai dengan fakta yang sesungguhnya. Penilaian dari hasil kegiatan belajar peserta didik diharuskan terukur, berkelanjutan dan meyeluruh dari pertumbuhan serta perkembangan yang telah dicapai oleh anak dalam jangka waktu tertentu.

Peran orang tua dibutuhkan dalam hal mengamati berbagai aktivitas yang dilakukan peserta didik di rumah, pertumbuhan fisik, dan aspek perkembangan anak pada usianya. 

Dalam hal peran orang tua dalam proses belajarnya, orang tua dapat membantu pendidik dengan mengirim dokumentasi dari proses belajar anak dalam bentu video atau foto, sehingga dari hasil belajar termasuk karya anak dapat tersampaikan kepada pendidik melalui media online seperti Whatsapp, Email, Telegram, dan juga media online lainnya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline