Lihat ke Halaman Asli

Siti Rofiqoh

GURU SMP

Mental Health di Kalangan Gen Z

Diperbarui: 12 Februari 2024   11:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Template by: Canva

 Dalam sebuah kehidupan seseorang tidak hanya membutuhkan kesehatan jasmani seperti memenuhi kebutuhan makan,minum, tidur yang cukup supaya tetap sehat. Tetapi, kesehatan mental juga tidak kalah penting harus diutamakan, kesehatan mental seseorang menjadi sebuah kebutuhan kebahagiaan dan ketenangan kehidupannya. Kesehatan mental atau kesehatan jiwa menurut seorang ahli kesehatan Merriam Webster, merupakan suatu keadaan emosional dan psikologis yang baik, dimana individu dapat memanfaatkan kemampuan kognisi dan emosi, berfungsi dalam komunitasnya, dan memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Jika kesehatan mental terganggu, maka timbul gangguan mental atau penyakit mental. Gangguan mental dapat mengubah cara seseorang dalam menangani stres, berhubungan dengan orang lain, membuat pilihan, dan memicu hasrat untuk menyakiti diri sendiri. Hal ini bisa memicu munculnya perasaan-perasaan negatif yang kuat dan mendorong buat ambil tindakan ekstrim seperti bunuh diri. Sering sekali kita dengar kasus-kasus percobaan bunuh diri,atau bunuh diri dengan gantung diri,menggorok lehernya sendiri,sampai meminum racun untuk mengakhiri hidupnya. Hal tersebut bisa dikarenakan karena kesehatan mental seseorang itu tidak baik-baik saja. 

Berkaca dari beberapa kasus yang sering sekali terjadi adalah kasus percobaan bunuh diri beberapa mahasiswa di berbagai kampus, seperti di Malang seorang mahasiswi yang ingin mengakhiri hidupnya dengan naik ke ujung wall climbing dan ingin menjatuhkan dirinya supaya hidupnya dapat berakhir. 

Seperti kasus bunuh diri juga seroang mahasiswa di Jogja yang menjatuhkan dirinya dari gedung tinggi,padahal menurut pengakuan orang-oramg sekitarnya dia merupakan mahasiswa yang pintar di kelas. Hal ini menyadarkan bahwa kesehatan mental sangatlah penting untuk kebahagiaan dan ketenangan hidup. Banyaknya kasus seperti ini mengharuskan untuk lebih sering berfikir positif, tidak insecure dan tidak mudah putus asa menjalani kehidupan.

Terkadang kesehatan mental dapat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, seperti circle pertemanan dimana beberapa orang berkumpul menjadi satu kelompok yang memiliki tujuan dan keinginan yang sama. Dari circle pertemanan terkadang juga bisa menjadi toxic yang menyebabkan munculnya rasa insecure pada diri seseorang dimana nantinya akan mengganggu kesehatan mentalnya. 

Perlunya memilih dan berkumpul dengan circle pertemanan yang baik itu sangat penting sekali, karena bisa dikatakan pusat kebahagiaan seseorang dalam hidupnya adalah kesehatan psikologisnya.Jika Kesehatan psikologis baik maka akan terhindar dari ketakutan menjalani hidup dan tidak mudah putus asa dalam masalah yang dialami. Ketika memiliki masalah dalam hidup dan tidak bisa menemukan solusi dari diri sendiri jangan sungkan untuk bercerita kepada orang lain supaya kalian tidak merasa bahwa diri kalian sendirian. Jadi untuk generasi muda kedepannya harus menjaga kesehatan mental supaya hidup menjadi bahagia dan tenang.

Seseorang dengan mental sehat akan berpengaruh pula pada kondisi fisik juga kualitas hidup. Ketika seseorang sejahtera secara psikologis, sosial maupun emosional, maka bisa dikatakan bahwa individu tersebut memiliki mental yang sehat. Mental yang sehat juga merupakan cikal bakal bagi diri kita untuk terus berkembang. Kesehatan mental sangat penting sekali untuk diperhatikan, beberapa alasan jika kesehatan mental perlu dijaga, antara lain:

  • Mampu bangkit kembali dari perasaan kecewa dan kesal.
  • Merasa lebih bahagia dan positif pada dirinya sendiri dan lebih menikmati hidup.
  • Memiliki rasa pencapaian.
  • Banyak ikut serta dalam kegiatan sosial.
  • Mampu menjadi bagian dari komunitas.

Selain itu, kesehatan mental yang terjaga dengan baik juga dapat mendukung kesehatan fisiknya. Hal ini membuat hidupnya menjadi lebih aktif dan sehat, sehingga memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan beristirahat yang cukup.Beristirahat yang cukup juga mempengaruhi kesehatan mental dan fisik seseorang. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meghindari ganguan mental health sebagai berikut:

  • Melakukan aktivitas fisik dan tetap aktif secara fisik.
  • Membantu orang lain dengan tulus.
  • Memelihara pikiran yang positif.
  • Memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah.
  • Mencari bantuan profesional jika diperlukan.
  • Menjaga hubungan baik dengan orang lain.

Dengan beberapa cara ini diharapkan seseorang dapat mencegah mengalami gangguan kesehatan mental. Intinya yang perlu diingat adalah pentingnya menjaga keadaan psikis supaya tidak mengalami gangguan mental health.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline