Lihat ke Halaman Asli

Pendidikan yang Tidak Berkualitas

Diperbarui: 23 Juni 2015   23:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Pendidikan adalah suatu proses dalam rangka mempengaruhi peserta didik supaya mampu menyesuaikan diri sebaik mungkin dengan lingkungannya, dan demikian akan menimbulkan perubahan dalam dirinya yang memungkinkannya untuk berfungsi secara dekat dengan kehidupan masyarakat. Pengajaran bertugas mengarahkan proses ini agar sasaran perubahan diri itu dapat tercapai sebagaimana yang diinginkan.

Pada dasarnya pertumbuhan dan perkembangan peserta didik bergantung pada dua unsur yang mempengaruhi, yakni bakat yang dimiliki peserta didik sejak lahir, dan lingkungan yang mempengaruhi sehingga bakat itu tumbuh dan berkembang. Dengan demikian dua unsur tersebut sama pentingnya, namun ada kemungkinan pertumbuhan dan perkembangan itu disebabkan oleh bakat saja atau lingkungan saja.

Sekolah sebagai suatu lembaga formal, secara sistematis merencanakan berbagai-bagai lingkungan, yakni berbagai lingkungan yang menyediakan berbagai kesempatan bagi peserta didik untuk melakukan berbagai kegiatan belajar,. Dengan berbagai kesempaan belajar itu, pertumbuhan dan perkembangan peserta didik diarahkan dan didorong ke pencapaian tujuan yang dicita-citakan. Lingkungan tersebut disusun dan ditata dalam suatu kurikulum, yang pada gilirannya dilaksanakan dalam bentuk proses pembelajaran.

Namun tidak dapat dipungkiri masih banyak pendidikan yang mengutamakan fasilitas saja, agar masyarakat sektar dapat tergiur karena fasilitas yang mereka lihat sangat memungkinkan. Namun pada kenyataannya semua itu hanya cara mereka untuk menarik perhatian dan simpati masyarakat. Tetapi apa yangdidapatkan peserta didik tidaksesuai dengan yang diharapkan.

Bayaran mahal, gedung mewah, tetapi proses pembelajaran yang mereka berikan tidak seimbang dengan kewajiban seorang pendidik sebagai fasilitator. Yang seharusnya memberikan segala aspek yang dibutuhkan peserta didik dalam proses belajar mengajar.

Dalam pembelajaran, seorang pendidik tidak hanya menyampaikan materi di depan kelas, tapi seorang pendidik harus mampu beradaptasi dengan peserta didik sehingga antara pendidik dan peseta didik bisa berinteraksi dengan baik. Jadi, suatu pendidikan akan mendapatkan image yang baik apabila proses pembelajaran yang mereka berikan sesuai dengan fasilitas yang ada. Tidak hanya fasilitas yang diutamakan akan tetapi proses pembelajaran harus diperhatikan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline