Lihat ke Halaman Asli

Anda Tidak Akan Pernah Berpikir Bahwa Mengetahui GDP dan GNP Bisa Sangat Bermanfaat!

Diperbarui: 22 September 2023   10:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Halo, sobat! Kita pasti pernah membaca artikel tentang pendapatan nasional di suatu negara dan pastinya tidak asing lagi dengan kata GDP dan GNP. Tetapi, bingung nggak sih, sebenarnya GDP dan GNP itu apa? dan udah tahukah bahwa GDP dan GNP bisa sangat bermanfaat? Supaya rasa penasaran itu terjawab, kita bahas GDP dan GNP, yuk!

Sebelum masuk ke dalam pembahasan, alangkah baiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu pendapatan nasional.

Pendapatan tak hanya diterima oleh individu saja, tetapi negara juga mendapatkan pendapatan. Pendapatan yang diperoleh suatu negara disebut dengan pendapatan nasional. Pendapatan nasional adalah jumlah pendapatan dari nilai produksi berupa barang dan jasa yang diterima oleh masyarakat suatu Negara dalam kurun waktu tertentu yang biasanya satu tahun.

Nah sobat, ada beberapa konsep yang berkaitan dengan pendapatan nasional loh. Yakni, Gross Domestic Product (GDP), Gross National Product  (GNP), Net National Product  (NNP), Net National Income  (NNI), Personal Income (PI), dan Disposable Income (DI)

Tetapi sobat,pada artikel kali ini kita hanya fokus kedua hal. Yups bener, fokus ke GDP dan GNP saja. Sebenarnya, apa pengertian dari GDP dan GNP? Apakah keduanya sama? Keduanya jelas berbeda.

Pas kita jajan, uang yang kita pake buat beli barang ataupun jasa itu bakalan di hitung pendapatan yang diterima Rumah Tangga Keluarga (RTK). RTK ini yang bakal jadi perhitungan buat Gross Domestic Product (GDP) yang akan ngaruh ke pendapatan nasional. Apa itu GDP? Gross Domestic Product (GDP)  itu adalah jumlah produk berupa barang dan jasa yang dihasilkan oleh unit-unit produksi di dalam batas wilayah suatu negara selama 1 tahun. Baik kegiatan produksi oleh warga negara sendiri maupun warga negara asing, asal pabriknya masih dalam wilayah di suatu negara. Pasti sobat juga penasaran apa itu GNP, Gross National Product atau GNP itu adalah perhitungan nilai produk berupa barang dan jasa dihasilkan oleh penduduk suatu negara selama 1 tahun.

Nah sekarang kita udah tau pengertian dari Gross Domestic Product (GDP) dan Gross National Product (GNP). Keduanya jelas berbeda bukan, kalo GDP itu perhitungan dalam suatu wilayah. Sedangkan, GNP itu perhitungan berdasarkan kewarganegaraan atau nasionalisme. 

Selanjutnya, kita akan bahas manfaat Gross Domestic Product (GDP) dan Gross National Product (GNP). GDP dan GNP juga bermanfaat? Bener sekali sobat, GDP dan GNP sangat bermanfaat karena:

- Mengukur kekayaan dan kesehatan ekonomi suatu negara

GDP dan GNP adalah indikator utama yang digunakan untuk mengukur kekayaan dan kesehatan ekonomi suatu negara. GDP mengukur nilai total barang dan jasa yang dihasilkan di dalam batas wilayah suatu negara, sedangkan GNP mengukur nilai total barang dan jasa yang dihasilkan oleh warga negara suatu negara, baik di dalam maupun di luar batas wilayah negara tersebut.

- Membandingkan kemajuan perekonomian antar negara

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline