Lihat ke Halaman Asli

Siti Nur Qodaryati Aisyah

Sebagai Mahasiswa jurusan Sastra Inggris di Universitas Gunadarma

Selalu Ramai, Inilah Hal yang Perlu Diketahui tentang Car Free Day di Kopassus

Diperbarui: 21 Juli 2023   21:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Dipotret oleh Siti Nur Qodaryati Aisyah)

Jalan R.A. Fadillah Raya atau selalu akrab dikenal dengan Jalan Kopassus (Komando Pasukan Khusus) berada di kota Jakarta Timur adalah salah satu jalan yang selalu dilewati oleh banyak masyarakat. Jalan Kopassus juga bisa menjadi alternatif bagi masyarakat yang memiliki tujuan ke Depok ataupun ke Jalan Raya Kalisari. Disekitar Jalan Kopassus juga ada beberapa sekolah, Gor Nanggala, pemadam kebakaran, dan beberapa restoran yang berada di sepanjang jalan.

Namun, hal yang akan dibahas bukanlah tentang restoran ataupun tempat yang berada di Kopassus. Melainkan ketentuan Car Free Day yang ditetapkan oleh pihak Kopassus disekitarnya setiap hari Minggu. Car Free Day dibuka pukul 6 pagi hingga pukul 10 pagi.

Banyak sekali masyarakat yang memburu kuliner saat Car Free Day berlangsung dan ada juga yang hanya sekedar jalan santai atau olahraga di sekitar trotoar. Makanan yang menjadi sasaran masyarakat adalah Zuppa Soup.  

Banyaknya kuliner pinggiran di area Car Free Day mengakibatkan sampah berserakan dimana-mana. Hal ini menjadi kelalaian masyarakat untuk membuang sampah ditempatnya. Sehingga harus ditekankan kembali bahwa tanggungjawab membuang sampah adalah masyarakat sendiri.

Keadaan di sekitar Kopassus sangat ramai dan padat oleh pedagang dan tempat parkir motor. Jalan yang diambil untuk Car Free Day adalah jalan disebelah kiri sedangkan jalanan disebelah kanan dijadikan dua jalur untuk kendaraan yang melintas sekitar area Kopassus. Ini menyebabkan kepadatan kendaraan  di sekitar jalan Kopassus.

Alasan mengapa banyak masyarakat yang sangat antusias meluangkan waktunya saat Car Free Day di area Kopassus karena mereka bisa menggunakan kesempatan ini untuk berolahraga dan sekedar memburu makanan tanpa ada gangguan dari kendaraan yang melintas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline