Lihat ke Halaman Asli

Siti Nur Munazilah

SITI NUR MUNAZILAH

Mahasiswa KKN Tematik MBKM UPN "Veteran" Jawa Timur Siap Membantu UMKM Menjadi Lebih Maju

Diperbarui: 30 Maret 2022   19:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur yang tergabung dalam kelompok 43, melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik MBKM di Keluarahan Manukan Kulon, Kecamatan Tandes, Kota Surabaya. Kegiatan ini dilakukan selama 3 bulan terhitung dari tanggal 21 Maret -- 30 Juni 2022.

Salah satu UMKM yang ada di Manukan Kulon yaitu UMKM makanan dan minuman "Mak Mol Kitchen". UMKM yang menjual produk rumahan dengan berbagai pilihan macam menu. Untuk menu makanan yaitu Mie Ayam, Gado-Gado, dan Nasi Kotak. Sedangkan minuman yaitu Es Kopyor, Es Manado, Es Cao, dan Es Blewah.

Kegiatan kelompok 43 dalam membantu UMKM "Mal Mol Kitchen" dengan membuatkan desain feeds Instagram agar lebih bagus dan menarik ketika di posting, karena tujuan dari kelompok 43 agar UMKM "Mak Mol Kitchen" bisa memanfaatkan dengan baik Tekonologi Digital. Selain itu, kelompok 43 membantu untuk mendaftarkan UMKM "Mak Mol Kitchen" ke e-commerce agar lebih dijangkau oleh banyak pembeli.

Selain membantu meningkatkan potensi UMKM "Mak Mol Kitchen", anggota kelompok 43 juga ikut membantu dan belajar bagaimana proses pembuatan produk makanan dan minuman tersebut. Dimulai dari menyiapkan peralatan yang akan dibutuhkan, proses pembuatan, hingga proses pengemasan produk yang sudah jadi. Semua kegiatan yang dilakukan anggota kelompok 43 di bimbing langsung oleh owner atau pemilik dari UMKM "Mak Mol Kitchen" yaitu Ibu Elly.

Dengan adanya kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik MBKM yang dilakukan ini, diharapkan UMKM "Mak Mol Kitchen" akan lebih meningkat dan berkembang maju. Sehingga nantinya apa yang sudah dikembangkan oleh kelompok 43 akan dinikmati hasilnya oleh UMKM "Mak Mol Kitchen".

Dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline