Lihat ke Halaman Asli

Siti Nurhanifah

Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Prof Hamka

Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Uhamka Jakarta Melakukan Pemberdayaan Keluarga Dhuafa "Berdaya Lewat Amal"

Diperbarui: 26 Juni 2024   23:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ibu Kamalia dan Tim (Dokumentasi penulis)

        Ibu Kamalia Sani atau yang akrab disapa Ibu Kamalia adalah seorang wanita tangguh yang kami temui pada Jum'at 3 Mei 2024. Ibu Kamalia adalah seorang janda dengan 3 orang anak yang masih bersekolah. Keluarga Ibu Kamalia tinggal di sebuah rumah lapuk milik salah satu kerabat nya yang beralamat di Jl. Musholla Al-Arief RT 004/Rw 02, Kelurahan Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Untuk menghidupi keluarganya setiap hari Ibu Kamalia berjualan kue basah (Nagasari) dengan menitipkan nya ke warung-warung terdekat. Dengan bermodalkan uang sebesar seratus ribu rupiah ia harus mampu menghidupi kebutuhan sehari-hari keluarga nya sekaligus memenuhi modal harian untuk usaha kue nya. Begitulah kehidupan sederhana Ibu Kamalia, oleh karena itu kami dari kelompok 3 mata kuliah Kemuhammadiyahan (Siti Nurhanifah 2201125021, Michelia Champaca 2201125030, Siti Zahra Tunny 2201125031, dan David Firman Lesmana 1901085048) berinisiatif untuk melakukan kegiatan pemberdayaan keluarga dhuafa dengan menggerakan perekonomian keluarga Ibu Kamalia. Kegiatan pemberdayaan ini juga merupakan tugas dari mata kuliah kemuhammadiyahan sebagai implementasi dari Quran Surat Al-maun. Dengan dilaksanakan kegiatan ini diharapkan sedikitnya dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan keluarga yang dituju sehingga perekonomian nya tetap berjalan stabil bahkan meningkat.

        Kegiatan pemberdayaan ini berjudul "Berdaya Lewat Amal", dengan judul ini kami berharap segala bentuk bantuan yang diterima akan senantiasa menjadi berdaya bagi keluarga Ibu Kamalia dan menjadi amal jariyah bagi donatur. Pelaksanaan kegiatan diawali dengan melakukan survey lokasi dan kondisi lingkungan di sekitar kampus FKIP UHAMKA (2/05/2024). Setelah menemukan lokasi yang cocok, kami memutuskan untuk memilih pemukiman di Jl. Musholla Al-Arief RT 004/Rw 02, Kelurahan Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur sebagai tempat kami untuk menyalurkan donasi. Setelah berkoordinasi dengan ketua RT setempat, kami dengan mantap memilih keluarga Ibu Kamalia sebagai mitra kami dalam kegiatan ini. 

        Keesokan harinya dengan dibantu oleh Pak Agus Sudaryanto selaku ketua RT 004 kami menemui Ibu Kamalia. Kami mulai melakukan observasi dan wawancara terkait kondisi yang dialami keluarga Ibu Kamalia. "Saya mah cuma janda neng, kebutuhan yang terpenuhi ya paling (kebutuhan) pokok saja, itu pun seadanya " jelas Ibu Kamalia seraya membungkus adonan kue Nagasari. Hati kami sangat terenyuh mendengar cerita tentang kehidupan sehari-hari Ibu Kamalia, ditambah kondisi tempat tinggal Ibu Kamalia yang jauh dari kata layak itu. "Banjir disini mah sudah biasa neng, makanya ibu berempat tidur disini ga pake kasur, alasnya ya ini cuma karpet aja. Barang elektronik ada, tapi rusak karena banjir dan akhirnya ga bisa dipake, kayu tembok juga ikut hancur. Jadi maap ya neng kalau kurang nyaman" terang Ibu Kamalia saat menjelaskan kondisi tempat tinggal nya. Wawancara masih berlanjut hingga informasi yang didapatkan sudah dirasa cukup kami pun berpamitan kepada Ibu Kamalia. 

 Kondisi rumah tampak depan (Dokumentasi penulis)

Tampak dalam rumah (Dokumentasi penulis)

Kondisi ruang utama (Dokumentasi Penulis)

        Setelah mendapatkan berbagai informasi mengenai kehidupan Ibu Kamalia, kami tim pemberdayaan langsung mengadakan penggalangan dana (donasi). Penggalangan dana kami buka dari tanggal 3 Mei  hingga 20 Juni 2024. Penggalangan dana dilakukan secara daring melalui berbagai media sosial seperti WhatsApp, Instagram, dan Website/platform donasi. Jumlah dana yang terkumpul saat itu adalah Rp 1.000.000; 00. Dana yang terkumpul tersebut kemudian kami belanjakan sesuai dengan kebutuhan sehari-hari keluarga Ibu Kamalia dan sebagian nya kami berikan secara tunai untuk menunjang usaha yang dijalani Ibu kamalia (21/06/2024). 

Ibu Kamalia Sani (Dokumentasi penulis)

        Terakhir, kami Kelompok 3 dari mata kuliah Kemuhammadiyahan Pendidikan Biologi Uhamka mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada para donatur yang telah menginfakan sebagian hartanya kepada keluarga Ibu Kamalia Sani. Semoga Allah SWT membalasnya dengan pahala yang berlipat ganda, dan semoga dengan diadakan nya kegiatan ini akan sama-sama meningkatkan rasa kepedulian kita terhadap keberadaan keluarga dhuafa disekitar lingkungan kita.. Aamiin Yaa Rabbal 'Aalamiin 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline