Lihat ke Halaman Asli

Model Perkembangan Kognitif

Diperbarui: 16 Desember 2022   22:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

A. Model Perkembangan Moral Kognitif

I. Pengantar

Model Perkembangan Moral Kognitif mulanya dikembangkan oleh Lawrence Kohlberg pada tahun 1950-1960. Teori Kohlberg mengombinasikan unsur-unsur psikologi, filsafat, dan pendidikan.

Teori ini diproposikan sebagai berikut:

1. Perkembangan moral adalah hasil dari penstrukturan kembali kognitif (seperti yang dikemukakan oleh Piaget).

2. Perkembangan moral terjadi dalam tahapan yang berurutan (Sequential).

3. Adanya serangkaian budaya dan standar moral maupun sosial yang berlaku secara internasional untuk dijadikan dasar dalam tahap-tahap perkembangan moral dilihat dari sisi pertimbangan moral.

4. Melalui proses pendidikan yang tepat, siswa dapat dibantu melewati hierarki tahap perkembangan moral supaya dapat meningkatkan kematangan keputusan moralnya.

Siswa mengembangkan struktur mental melalui proses interaksi dengan lingkungannya. Struktur-struktur mental tidaklah sederhana dan bukan merupakan gambaran keinginan masyarakat seperti kaidah-kaidah moral yang dipelajari dari orang tua.

II. Asumsi-Asumsi yang Mendasari Teori Perkembangan Moral Kognitif

Model pengembangan moral kognitif ini didasarkan pada asumsi-asumsi sebagai berikut:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline