Evaluasi menurut ( Jabar & Abdul 2010 ) adalah menentukan hasil yang telah di capai dalam beberapa kegiatan yang direncanakan untuk mendukung tercapainya tujuan.
Sedangkan Pembelajaran menurut UU No 20 tahun 2003 pasal 1 menjelaskan bahwa pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan guru dan sumber belajar pada lingkungan tertentu.
Evaluasi pembelajaran pada dasarnya dilakukan untuk menilai hasil belajar pada peserta didik. Ketika evaluasi guru dapat melakukan penilaian atau pengukuran terhadap kemampuan peserta didik setelah melakukan pembelajaran.
Dalam mengevaluasi ada banyak cara yang dapat dipilih atau dilakukan oleh guru untuk mengevaluasi pembelajaran. Adapun cara evaluasi memiliki dua macam yaitu teknik tes dan teknik non-tes.
Teknik tes dapat dilakukan secara tertulis. Sedangkan teknik non-tes biasanya menilai tingkah laku, sikaf dan kepribadian pada peserta didik selama di sekolah ataupun dalam proses pembelajaran.
A . Teknik tes dalam evaluasi pembelajaran
Teknik tes memiliki instrumen yang dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:
1. Tes objektif
Tes objektif adalah tes yang menuntut siswa untuk menjawab pertanyaan yang disediakan atau memberikan jawaban secara singkat, dan tes ini dilakukan oleh semua peserta didik. Ada beberapa jenis tes bentuk objektif diantaranya:
a. Pilihan ganda
Tes ini merupakan tes objektif karena menyajikan soal dan beberapa pilihan dengan hanya ada 1 jawaban yang benar.