Lihat ke Halaman Asli

Siti Nur azizah01

Mahasiswa STAI Riyadhul Jannah Subang

Macam-macam Evaluasi Pembelajaran

Diperbarui: 13 Oktober 2023   15:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Evaluasi menurut ( Jabar & Abdul 2010 ) adalah menentukan hasil yang telah di capai dalam beberapa kegiatan yang direncanakan untuk mendukung tercapainya tujuan.

Sedangkan Pembelajaran menurut UU No 20 tahun 2003 pasal 1 menjelaskan bahwa pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan guru dan sumber belajar pada lingkungan tertentu.

Evaluasi pembelajaran pada dasarnya dilakukan untuk menilai hasil belajar pada  peserta didik. Ketika evaluasi guru dapat melakukan penilaian atau pengukuran terhadap kemampuan peserta didik setelah melakukan pembelajaran. 

Dalam mengevaluasi ada banyak cara yang dapat dipilih atau dilakukan oleh guru untuk mengevaluasi pembelajaran.  Adapun cara evaluasi memiliki dua macam yaitu teknik tes dan teknik non-tes. 

Teknik tes dapat dilakukan secara tertulis. Sedangkan teknik non-tes biasanya menilai tingkah laku, sikaf dan kepribadian pada peserta didik selama di sekolah ataupun dalam proses pembelajaran.

A . Teknik tes dalam evaluasi pembelajaran

 Teknik tes memiliki instrumen  yang dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:

1. Tes objektif

Tes objektif adalah tes yang menuntut siswa untuk menjawab pertanyaan yang disediakan atau memberikan jawaban secara singkat, dan tes ini dilakukan oleh semua peserta didik. Ada beberapa jenis tes bentuk objektif diantaranya: 

a. Pilihan ganda 

    Tes ini merupakan tes objektif karena menyajikan soal dan beberapa pilihan dengan  hanya ada 1 jawaban yang benar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline