Lihat ke Halaman Asli

Review Sub Bab dalam Buku Agama Agenda Demokrasi dan Perubahan Sosial

Diperbarui: 5 November 2023   10:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama: Siti Nur Aisyah

NIM: 212111170 /5E

Tugas : Sosiologi Hukum

"HAJI SIMBOL KEHIDUPAN YANG INDAH"

Hasil Review:


Bagi seorang muslim, haji adalah ibadah yang sangat mulia sekaligus ibadah yang sangat berat pelaksanaannya, tidak hanya kesiapan fisik jasmaniah tetapi juga perbekalan ekonomi yang kuat. Maka dari itulah sebabnya pada satu sisi haji menjadi ibadah terakhir yang diisyaratkan oleh Allah, dan pada sisi yang lain kewajiban melaksanakannya hanya sekali seumur hidup. Dalam ibadah haji terdapat akan pengakuan akan keesaan Allah, kebenaran dan kegunaan, serta kesaksian akan kebenaran Nabi Muhammad SAW.  Pada hakikatnya merupakan penegasan kembali dari setiap jamaah haji, tentang keterkaitannya dengan prinsip-prinsip keyakinan, Yang Intinya adalah:

Pertama, Pengakuan atas keesaan Allah serta penolakan terhadap segala macam dan bentuk kemusyrikan, baik berupa patung-patung, bintang, bulan, dan matahari, animisme, dan dinamisme bahkan segala sesuatu selain Allah SWT.
Kedua, Keyakinan tentang adanya neraca keadilan Allah dalam kehidupan ini dan yang puncaknya akan diperoleh setiap makhluk pada hari kebangkitan.
Ketiga, Keyakinan tentang kemanusiaan yang bersifat universal, tiada perbedaan dalam kemanusiaan seseorang dengan lainnya, meskipun terdapat perbedaan antara mereka dalam hal-hal lainnya.
Keempat, Inti ajaran Tauhid tercermin dengan jelas yang dilambangkan dalam praktik-praktik ibadah haji. Semuanya itu pada akhirnya mengantarkan jamaah haji hidup dengan pengalaman kemanusiaan universal.

Kelebihan:
Bahasa mudah di pahami, menarik, menjelaskan perjuangan Nabi Ibrahim As dalam pengorbanannya untuk Allah SWT.

Kekurangan:
Penjelasan kurang detail, masih terdapat beberapa kekeliruan kata, ada beberapa kata sulit




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline