Sejumlah peserta mengikuti workshop pelatihan Digital Marketing Program Batch 2, dengan materi Content Marketing dan Campaign bersama Bondan Satria selaku copywriting expert, di Rumah pelatihan Rumah BUMN Yogyakarta (RuBY) BRICafe X Couvee lantai 2 Jalan Sagan No. 123, Terban, Gondokusuman, pukul 13.00 WIB, Selasa (18/10/2022).
Peserta terdiri dari 20 mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Aisyiyah Yogyakarta dan 10 UMKM dari berbagai bidang. Tujuan dari kegiatan ini untuk mahasiswa, adalah memperkaya pengetahuan mengenai aktivitas komunikasi digital yang diperlukan dan efektif.
Menambah kompetensi untuk menjadi Digital Marketer khusus nya dalam penjualan produk dan jasa. Untuk UMKM adalah meningkatkan wawasan digital marketing dan peningkatan sales dari aktivitas digital marketing.
Nah, dalam dunia bisnis terutama bisnis online, content marketing rasanya sudah jadi sesuatu yang mutlak untuk dilakukan. Saat ini hampir semua pemasaran diarahkan ke digital. Maka dari itu kualitas konten yang diterima khalayak menjadi begitu penting.
Saat menyebut content marketing apa saja yang muncul di pikiran kamu ? Buat konten? Jualan?
Yang pastinya jualan dengan konten. Jadi content marketing itu apa? Strategi jangka panjang untuk membangun relasi dengan customer. Dengan cara bikin konten berkualitas, relevan, konsisten, dan sesuai "customer journey".
Contoh dalam content marketing,
* Dengan membuat blog yang kekinian
* Dengan membuat serial YouTube
* Video series yang akurat dengan isu terkini
* Menulis di blog dan website
* Merekam video dan menguploadnya, dll.
Ruang lingkup content marketing itu luas, lalu bagaimana ya caranya kita tahu bikin konten yang seperti apa?
Yaps! Jawabannya dengan membuat Content Mapping. Membuat konten yang sesuai dengan tahapan konsumen. Dengan kenali pembelimu, kenali produkmu dan kenali pesaingmu. Dan sesuaikan Customer dengan Temperatur Market :
Temperatur Market : Cold, Warm, Hot