Lihat ke Halaman Asli

Siti Nazarotin

TERVERIFIKASI

Dinas di UPT SD Negeri Kuningan Blitar

Persiapan Observasi Kepala Sekolah, Langkah Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Diperbarui: 12 Agustus 2024   06:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Presentasi RHK oleh Kepala Sekolah, Sumber gambar: Ita Kusumaningtyas

Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar melalui Pengawas Korwil Pendidikan Kecamatan Kanigoro, Ibu Yunin Dyah Tjandrawati, M.Pd menginisiasi kegiatan persiapan observasi kepala sekolah. Kegiatan ini melibatkan seluruh kepala sekolah SD Negeri di wilayah tersebut, dengan tujuan untuk meningkatkan efektivitas pelaksanaan Rencana Hasil Kerja (RHK) dalam Pengelolaan Kinerja Kepala Sekolah.

Kegiatan Persiapan Observasi

Kegiatan persiapan observasi yang dilakukan secara intensif selama dua hari ini melibatkan presentasi RHK oleh masing-masing kepala sekolah. Dalam presentasinya, para kepala sekolah memaparkan secara detail:

Analisis Raport Pendidikan

Setiap kepala sekolah menganalisis rapor pendidikan lembaga masing-masing, mengidentifikasi kekurangan, dan menentukan prioritas perbaikan.

Pilihan RHK

Berdasarkan analisis rapor pendidikan, setiap kepala sekolah memilih RHK yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan sekolah.

Target Perilaku

Untuk setiap RHK yang dipilih, kepala sekolah menetapkan target perilaku yang spesifik dan terukur.

Rencana Aksi

Kepala sekolah merancang rencana aksi yang konkret untuk mencapai target perilaku yang telah ditetapkan.

Delapan indikator perencanaan kinerja Kepala Sekolah, sumber gambar: Tangkap layar laman pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id

Fokus Utama dalam Presentasi RHK

Presentasi RHK yang dilakukan para kepala sekolah berfokus pada 12 poin rekomendasi dari Kemendikbudristek. Ambil contoh, 12 poin rekomendasi untuk lembaga saya, SDN Kuningan, yang sudah saya rangkum menjadi 6 poin mencakup aspek-aspek berikut:

  • Kemampuan numerasi

Kemampuan siswa dalam berhitung dan memecahkan masalah matematika terutama domain bilangan

  • Kualitas pembelajaran

Terkait efektivitas metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru, penerapan praktik pembelajaran inovatif serta refleksi dan perbaikan pembelajaran oleh guru.

  • Karakter siswa

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline