Lihat ke Halaman Asli

Siti Nazarotin

TERVERIFIKASI

Dinas di UPT SD Negeri Kuningan Blitar

Berkah Silaturahmi dalam Grup Khatmil Al-Quran Al Firdaus: Komunitas GPAI Kabupaten Blitar di Era Digital

Diperbarui: 29 Oktober 2023   18:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tampak sebagian anggota Khatmil Al Qur'an Al Firdaus GPAI Kabupaten Blitar | Sumber gambar: Anif Mahlila

Di era digital ini, komunitas semisal grup WhatsApp telah menjadi sarana penting dalam menjaga silaturahmi, berbagi pengalaman, dan menjalankan kegiatan-kegiatan keagamaan. Salah satu contoh kegiatan keagamaan yang umum dijalankan oleh berbagai komunitas adalah Khatmil Al-Quran. Khatmil Al-Quran adalah kegiatan membaca dan mengkhatamkan Al-Quran secara bersama-sama, baik secara daring (online) maupun secara luring (offline).

Nampak ibu-ibu anggota Khatmil Al Qur'an Al Firdaus sedang menyimak sambutan | Sumber gambar: Hamzah

Salah satu contoh komunitas yang mempunyai kegiatan Khatmil Al-Quran melalui grup WhatsApp adalah komunitas alumni dan komunitas profesi yang tersebar di berbagai daerah.  Misalnya saja seperti grup yang saya ikuti: alumni SMP, alumni PGA Kediri, alumni IAIN Malang, GPAI Kanigoro, dan GPAI Kabupaten Blitar. 

Tentu semua kegiatan yang kita ikuti mempunyai tujuan yang positif. Kegiatan Khatmil Al-Quran ini memiliki beberapa tujuan utama, antara lain:

1.Tahsin Al-Quran

Salah satu tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memperbaiki bacaan Al-Quran. Anggota komunitas berusaha meningkatkan kualitas bacaan mereka agar lebih baik dan benar sesuai dengan tajwid.

2.Ibadah

Membaca Al-Quran merupakan ibadah yang sangat penting dalam Islam. Dengan tadarus Al-Quran, anggota komunitas menjalankan ibadah secara bersama-sama.

3.Silaturahmi

Kegiatan ini juga menjadi sarana untuk menjaga silaturahmi antara anggota komunitas. Anggota dapat terus berhubungan dan berbagi pengalaman, baik dalam bidang agama maupun kehidupan sehari-hari.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline