Lihat ke Halaman Asli

Siti Nazarotin

TERVERIFIKASI

Dinas di UPT SD Negeri Kuningan Blitar

Apa yang Dicari Saat Bukber? Tempat Mewah atau Makanan yang Enak?

Diperbarui: 29 April 2022   06:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Acara bukber bersama teman sekomunitas | Foto: Siti Nazarotin

Bulan Ramadan dikenal pula dengan bulan puasa. Karena inti dari amalan-amalan dalam bulan ramadan ya puasa itu. Berpuasa sebulan penuh, tentu ada momen-momen yang menyenangkan yang selalu ditunggu, momen yang paling ditunggu setiap harinya apa? Betul sekali, buka puasa.

Sudah Bukber Berapa Kali, Ramadan Tahun ini?

Seharian berpuasa tentunya banyak hal yang dialami. Menahan lapar dan dahaga, menahan dari hal-hal yang bisa mengurangi bahkan menghilangkan pahala puasa itu, butuh perjuangan baik fisik maupun mental.

Setelah seharian menahan diri, saat buka puasa ditumpahkanlah segala keinginan yang pada siang harinya ditahan. Terutama makan dan minum. Untuk merayakannya tentu sah-sahnya berbuka dengan makanan yang istimewa.

Bicara tentang buka puasa, selain buka puasa di rumah bersama keluarga kecil, sering diadakan pula buka bersama (bukber) dengan berbagai komunitas yang kita miliki. Baik yang diadakan oleh keluarga besar, teman sekolah, alumni teman sekolah, teman seprofesi, jamaah-jamaah taklim maupun berbagai komunitas yang ada dalam masyarakat.


Pengalaman Mengikuti Bukber Tahun ini

Begitupun dengan saya. Tiap ramadan mesti pernah ikut bukber. Pun ramadan tahun ini, sudah tiga kali ikut bukber. Yang pertama bersama dengan teman satu lembaga. Yang kedua bersama teman sesama Bendahara BOS, Kepala Sekolah dan Operator Dapodik se Kecamatan. Yang ketiga bersama Bendahara BOS se Kecamatan di rumah salah satu Bendahara yang dilantik sebagai Kepala Sekolah (Bukber Acara Tasyakuran).

Ada satu acara bukber yang tidak bisa saya ikuti karena waktunya barengan dengan bukber yang lain.
Masih ada satu agenda bukber lagi yang akan saya ikuti yaitu bersama teman-teman SMP. Semoga saya bisa mengikutinya.

Bicara bukber, tidak bisa terlepas dari dua hal penting ini, yaitu tentang pemilihan tempat dan menu masakan. Kalau anda yang ditanya, pilih mana, tempat yang bagus dan mewah tapi makanannya biasa saja atau lebih memilih tempat yang sederhana namun makanannya enak. Karena sudah jelas bilamana pilih dua-duanya akan keluar kocek yang dalam.


Bukber di Tempat yang Mewah Tapi Makanannya Kurang Enak

Mengadakan kegiatan di tempat yang bagus adalah dambaan semua orang. Namun bilamana kaitannya dengan makanan, ownernya tidak bisa menyiapkan makanan yang enak, bagi saya kurang menarik dan timbul penyesalan kenapa pilih tempat itu. Kita hanya bisa gaya-gayaan berada di dalam ruangan mewah tapi tidak bisa menikmati sajian yang enak.

Bukber di tempat yang mewah tapi makanannya kurang enak | Foto: Siti Nazarotin

Seyogyanya tempat mewah diimbangi dengan pelayanan makanan yang enak pula. Enak di sini bukan berarti makanan dengan menu yang mahal, akan tetapi makanan dengan menu yang sederhana namun rasanya enak. Owner harus mencari juru masak yang pinter mengolah makanan. Sehingga konsumen tidak kecewa.


Bukber di Tempat Sederhana Tapi Makanannya Enak

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline