Lihat ke Halaman Asli

Siti Nazarotin

TERVERIFIKASI

Dinas di UPT SD Negeri Kuningan Blitar

Warung Wader Milik Bu Khotimah

Diperbarui: 14 Februari 2021   16:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Warung Wader milik Bu Khotimah | Foto: Siti Nazarotin


Sebenarnya sudah lama saya ingin ke sana dan baru beberapa hari yang lalu saya baru sempat berkunjung ke Warung Wader milik Bu Khotimah yang berada di Desa Combong Kecamatan Garum Blitar ini.

Penasaran dengan cerita teman-teman, bahwa di Warung Wader milik Bu Khotimah ini ada menu andalan yang sangat terkenal dan banyak pelanggannya. Yaitu menu  Wader Masak Santan Pedas dan Peyek Wader Udang.

Warung Wader milik Bu Khotimah (60 tahun) ini buka setiap hari mulai pagi jam 08.00 sampai sore. Bu Khotimah dibantu oleh anak perempunnnya yang bernama Lilik (40 tahun).

Awalnya Menyediakan Menu Nasi Pecel dan Jenang Dawet

Warung Bu Khotimah ini sudah ada sejak Lilik putri sulungnya masih kecil. Sekitar 30 tahun yang lalu. Awalnya Bu Khotimah menyediakan menu Nasi Pecel, Nasi Lodeh, Aneka gorengan dan Jenang Dawet.

Lama-kelamaan sekitar 20 tahun yang lalu Bu Khotimah menambah menu dagangannya dengan sajian Iwak Kali (Ikan Sungai) tersebab pada saat itu mulai viral masakan dari ikan dengan aneka lalapan dan sambelnya. Istilahnya Bu Khotimah ini mengikuti trend masyarakat gitulah.

Sebelum Pandemi Covid 19, Warung Wader milik Bu Khotimah sangat ramai pengunjung. Sampai-sampai kewalahan melayani dan akhirnya merekrut beberapa karyawan untuk membantu warungnya.

Omzet Warung Wader Milik Bu Khotimah Lumayan Besar

Mbak Lilik sedang melayani pelanggan warung | Foto: Siti Nazarotin

Saat saya tanya pada Mbak Lilik, kira-kira omzetnya berapa, jawabnya cukup menggiurkan. Per hari omzet yang dihasilkan rata-rata mencapai 1,5 juta sampai 2 juta. Angka yang sangat fantastis bukan?

Ikan yang diolah tersebut dipasok dari penyetrum ikan sungai yang berada di wilayah Garum dan sekitarnya. Setidaknya pada waktu itu ada 8 sampai 10 orang penyetrum ikan yang melayaninya. Mereka membawa ikan ke warung itu, sudah dalam keadaan bersih.

Pandemi Covid 19 Sangat Memengaruhi Penghasilan Warung Wader Milik Bu Khotimah

Saat ini, di mana Pandemi Covid 19 sudah setahun berkutat di negeri kita ini, penghasilan Bu Khotimah mengalami kemerosotan yang sangat drastis. Namun mereka masih bersyukur karena masih mendapatkan penghasilan untuk mempertahankan warungnya dan mencukupi kebutuhan sehari-hatinya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline