Lihat ke Halaman Asli

Siti Nazarotin

TERVERIFIKASI

Dinas di UPT SD Negeri Kuningan Blitar

[Pilih Sekolah dan Kampus] Pengalaman Mendampingi Si Sulung Memilih Perguruan Tinggi

Diperbarui: 11 Januari 2021   20:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kampus Pens | Sumber: medium.com/Aan Ragil Julianko

Tulisan ini berisi tentang pengalaman saya pribadi dalam mendampingi anak saya yang sulung dalam memilih Pendidikan Tinggi yang akan dituju.

Sekelumit pengalaman saya sebagai orang tua yang memiliki anak yang sudah lulus SMA, empat tahun lalu saya alami ini.
Cukup bingung dalam memilih kampus maupun menentukan jurusan yang akan dituju.

Setelah dua kali gagal mengikuti tes masuk perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN dan jalur undangan, akhirnya anak saya diterima di Politeknik Elektronika Surabaya (Pens), kebetulan program studi yang diambil adalah Elektro Industri dengan konsentrasi Kelas Kerja Sama PLN.

Setelah melalui banyak tahapan dan banyak lika-liku dalam menentukan pilihan, kiranya pengalaman berikut mudah-mudahan berguna bagi anda yang akan masuk perguruan tinggi atau anda yang memiliki anak usia lulus SMA.

Empat Hal yang Harus Dipertimbangkan dalam memilih Kampus:

1. Pilih jurusan sesuai dengan minat dan kemampuan anak.

Bila anda mempunyai anak usia SMA, harus mulai merencanakan mau melanjutkan ke mana. Tentunya harus dimusyawarahkan dengan anak.

Jangan sampai kita sebagai orang tua, memaksakan pilihan kepada anak. Kemungkinan besar, karena merasa dipaksa, anak tidak nyaman menjalani kuliahnya dan pada akhirnya bisa putus di tengah jalan. Kalaupun sampai lulus, hasilnya tidak maksimal.

2. Pilih Kampus yang Negeri.

Memilih Kampus yang negeri, bagi saya tetap pilihan pertama. Sebab di kampus negeri pastilah banyak subsidi  dari pemerintah. Banyak bantuan beasiswa dikucurkan. Mulai dari Bidik Misi, siswa berprestasi dan bantuan-bantuan yang lain. Bisa dibilang, biaya UKT di perguruan tinggi negeri lebih murah dibanding swasta.

Para tenaga pendidik dan tenaga pendidikan yang berada di kampus negeri sebagian besar PNS. Dengan gaji yang dijamin oleh pemerintah, otomatis akan berimbas dengan pada etos kerjanya. Tentunya hal ini akan menentukan kwalitas out put dari kampus negeri tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline