Lihat ke Halaman Asli

Menemukan Makna Hidup di Era Digital

Diperbarui: 18 November 2023   16:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Filsafat manusia telah menjadi topik yang menarik untuk dibahas sejak zaman kuno.  Namun, seiring berkembangnya teknologi dan era digital, telah terjadi pergeseran cara kita memahami makna hidup dan keberadaan manusia. 

Era digital telah mengubah banyak aspek kehidupan manusia, termasuk cara kita berkomunikasi, bekerja, dan bersosialisasi.  Itu juga mempengaruhi cara kita melihat diri kita sendiri dan keberadaan kita di dunia.  Media sosial dan teknologi lainnya memberi kita akses yang lebih mudah ke informasi dan hubungan, tetapi juga mengarah pada perbandingan sosial dan kecemasan terkait citra diri.  Hal ini dapat menyebabkan perasaan tidak berguna dan hilangnya makna hidup.

Filosofi manusia dapat membantu kita memahami makna hidup dan keberadaan manusia di era digital. Konsep seperti kebebasan, kebahagiaan, dan keadilan dapat membantu kita memahami nilai-nilai yang penting dalam hidup dan bagaimana kita dapat mencapainya. Filsafat juga dapat membantu kita mempertanyakan makna hidup dan mencari tujuan yang lebih bermakna dalam hidup kita.

Kesimpulan:

Di era digital yang semakin maju ini, penting bagi kita untuk mempertanyakan makna hidup dan keberadaan manusia.  Sementara fenomena saat ini seperti media sosial dan teknologi dapat mempengaruhi pandangan hidup kita, filosofi manusia dapat memberikan pandangan yang lebih luas dan membantu kita menemukan makna yang lebih bermakna dalam hidup kita.

Terimakasih

_Shifaa




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline