Dalam beberapa tahun terakhir Kereta Api Indonesia mengalami berbagai transformasi besar, baik dari segi infrastruktur, pelayanan, hingga teknologi. Modernisasi sistem transportasi ini bertujuan untukmeningkatkan efisiensi, kenyamanan, serta daya saing kereta api sebagai salah satu moda transportasi utama di Indonesia. Kereta api memiliki peran penting dalam sistem transportasi di Indonesia yang menghubungkan berbagai kota besar di Pulau Jawa, Sumatra dan Sulawesi. Kereta api menjadi salah satu pilihan utama untuk perjalanan jarak jauh maupun antarkota. Selain itu, kereta api juga menawarkan alternatif transportasi yang lebih ramah lingkungan dibandingkan moda transportasi lainnya, seperti mobil dan pesawat, karena lebih efisien dalam penggunaan energi dan mengurangi kemacetan di jalan raya.
Sebagai salah satu moda transportasi utama di Indonesia, Kereta Api Indonesia saat ini mengalami transformasi besar di era kepemimpinan Didiek Hartantyo sebagai Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI). Banyak kemajuan besar yang tidak hanya berdampak pada sektor transportasi tetapi juga menciptakan dampak positif bagi mobilitas masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Beberapa kemajuan Kereta Api Indonesia saat ini antara lain.
1. Transformasi Digital dan Pelayanan Berbasis Teknologi
Salah satu pencapaian yang paling berkesan adalah transformasi digital yang terjadi di PT KAI. Didiek Hartantyo mendorong implementasi teknologi dalam berbagai aspek operasional KAI, yang membawa perubahan signifikan bagi kenyamanan penumpang dan efisiensi layanan. Salah satu yang paling terasa adalah pengembangan aplikasi KAI Access yang memudahkan pelanggan untuk membeli tiket, melakukan pemesanan, memantau jadwal keberangkatan, dan menikmati berbagai layanan lainnya melalui smartphone. Selain itu, selama kepemimpinannya, PT KAI juga meluncurkan layanan tiket online dan pemanfaatan e-wallet untuk pembayaran tiket, yang semakin mempermudah penumpang dan mengurangi antrian panjang di loket.
2. Modernisasi Sarana dan Prasarana Kereta Api
Di bawah kepemimpinan Didiek Hartantyo, PT KAI juga melakukan modernisasi sarana dan prasarana kereta api salah satunya yaitu, hadirnya kereta api New Generation dengan fasilitas yang lebih canggih. Bekerja sama dengan PT Industri Kereta Api (Persero) atau PT INKA (Persero) kereta New Generation ini memiliki design dan fasilitas yang menunjang kenyamanan pengguna. Kereta ini memiliki kursi tipe captain seat yang dapat diatur kemiringan sandaran dan arah laju kereta. Kursi ini juga dilengkapi sandaran tangan di bagian tengah. Pada pintu masuk kereta dan pintu penghubung antar-kereta menggunakan pintu elektrik otomatis. Kemudian terdapat Public Information Display System (PIDS) yang menampilkan informasi stasiun terdekat, kecepatan, dan suhu ruangan. Dan beberapa kecanggihan teknologi lainnya.
3. Pembangunan Jalur Kereta Api Cepat dan Infrastruktur Baru
Kemajuan lain yang tak kalah penting adalah proyek kereta api cepat yang telah dimulai, khususnya untuk jalur Jakarta-Bandung. Di bawah kepemimpinan Didiek Hartantyo, PT KAI terlibat langsung dalam pengembangan kereta cepat yang dapat memangkas waktu tempuh antar kota besar. Proyek ini adalah salah satu langkah besar dalam membawa Indonesia ke dalam era kereta api modern, yang tidak hanya lebih cepat tetapi juga lebih efisien dalam hal biaya dan waktu perjalanan.
Harapan saya untuk PT Kereta Api Indonesia (KAI) ke depan adalah agar terus memperluas konektivitas antarwilayah, meningkatkan layanan pelanggan dengan teknologi yang lebih canggih dan ramah pengguna, serta fokus pada keberlanjutan lingkungan dengan mengoptimalkan penggunaan kereta listrik dan energi terbarukan. Selain itu, saya berharap KAI dapat terus memperbaiki infrastruktur stasiun dan keamanan perjalanan, serta memperkuat kolaborasi dengan sektor lain untuk menciptakan sistem transportasi yang lebih terintegrasi dan efisien.