Lihat ke Halaman Asli

Siti Mugi Rahayu

Saya seorang guru yang tertarik pada pendidikan yang humanis.

Berobat di Indonesia, Seluas Pekarangan

Diperbarui: 24 Juni 2015   23:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Sebagai orang Indonesia asli, saya bersyukur masih bisa memanfaatkan tanaman-tanaman yang bisa dijadikanobat tradisional. Pengobatan asli nenek moyang ini masih bisa dilestarikan dengan menyediakan lahan mini bercocok tanam tanaman obat. Langkah sederhana untuk mengurangi konsumsi obat-obat kimia baik dari dokter maupun yang sudah dijual bebas. Meskipun agak repot dalam menyiapkannya, namun ternyata tanaman obat ini cukup ampuh untuk pengobatan ringan sehari-hari.

Jika anak saya sembelit atau masuk angin dan kembung, cukup berjalan menyusuri pagar bamboo yang diselingi beluntas dan daun jarak. Ambil beberapa lembar daun jarak, olesi dengan minyak kelapa, lalu layukan di atas api. Jika sudah layu, tempel di perut anak hangat-hangat. Daun jarak juga bisa dipakai untuk mengurangi ketombe di kulit kepala. Ambil saja beberapa lembar daunnya, lalu tumbuk halus. Oleskan di kulit kepala sebelum keramas. Dauk jarak juga biasa digunakan untuk mengobati rematik. Ambil beberapa helai, olesi minyak kelapa, layukan di atas api, lalu tempel di atas tempat yang sakit.

Daun beluntas sendiri, karena baunya yang khas, bisa dimanfaatkan untuk mengurangi bau badan atau bau mulut. Ambil beberapa lembar lalu rebus hingga air rebusannya berkurang. Konsumsi seminggu sekali.

Setelah searching dari internet, daun salam juga ternyata bermanfaat banyak. Karena ada di halaman sekolah, maka saya bisa ambil kapan saja untuk membuat ramuannya. Ambil 7- 10 lembar daun salam dan rebus dalam 3 gelas air hingga menyisakan satu gelas air saja. Minumlah rutin dua minggu sekali. Kandungan sitral, eugenol, tannin, dan flavonoida diyakini mampu menurunkan kolesterol dan kadar gula dalam darah.

Ternyata berobat di Indonesia itu mudah dan murah jika bisa dialihkan ke pekarangan. Selain untuk menghijaukan rumah juga bisa dipakai untuk pengobatan sederhana sembari melestarikan ramuan nenek moyang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline