Lihat ke Halaman Asli

Siti Mugi Rahayu

Saya seorang guru yang tertarik pada pendidikan yang humanis.

Tips agar Anak PD di Sekolah

Diperbarui: 17 Juni 2015   15:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1418777199223504169

Buat saya, anak-anak itu sumber inspirasi. Segala sesuatu yang mereka lakukan harus diperhatikan agar sebagai orang tua kita bisa mengikuti perkembangannya. Termasuk ketika mereka mulai sekolah.

Alisha adalah anak yang sangat aktif. Menurut Bu Guru, kegiatan bermainnya di sekolahnya sangat "full", alias main mulu. Monkey bar boleh, ayunan juga, perosotan ayo, terowongan apalagi. Sebagai anak TK, Alisha sangat menikmati bermain apapun dengan teman-temannya. Keceriaannya ini membuat saya agak khawatir.. sepertinya dia agak tomboy ya ? Semua permainan untuk anak laki-laki dia tak gentar melakukannya.  Senangnya naik pagar,  naik pohon, main bola, dan sebagainya. Teriakannya mantap. Ga ada ayu-ayunya. Setiap pulang sekolah bajunya selalu kotor, bau keringat pula. Beda sekali dengan teman-temannya yang ketika pulang masih kinyis-kinyis, bajunya  bersih dan rapi.

Nah itulah kata saya tadi, anak-anak selalu menjadi inspirasi buat saya. Biar tidak malu dengan teman-temannya karena bajunya lecek selalu.. setiap pagi saya selalu menyulapnya sedemikian rupa sehingga dia benar-benar seperti princess yang rapi dan wangi. Baju sekolahnya saya cuci biar bersih, lalu ketika menyetrika, semprotkan Kispray di bagian-bagian yang sekiranya akan selalu tercium oleh dia dan orang lain.

Dengan baju yang wangi, Alisha selalu nampak segar karena ternyata Kispray itu anti kuman, jadi tidak perlu khawatir lagi dengan yang pakaian yang kotor. Biarkan saja anak-anak aktif bermain dan punya pengalaman berharga dalam permainannya, mengenai baju kotor saya serahkan saja pada Kispray.

141878000492584199

Kispray itu harumnya awet. Berbagai warna dan wangi yang tersedia bisa dicoba satu persatu. Mana yang cocok untuk Anda dan keluarga? Kalau Alisha suka yang warna merah. "Haruuuummmm.....", katanya.

Perhatikan deh foto-foto Alisha ketika Outbond.

1418777746712608318

14187779991496524696

Gambar di atas ketika Alisha akan ikut flying fox dan naik rakit di tempat yang berbeda. Dia selalu senang dengan permainan semodel ini. Anak aktif memang tidak masalah, hanya saja sebagai orang tua saya harus selalu menjaganya untuk tetap seperti perempuan layaknya. Walaupun inginnya selalu pakai baju bola, dalam sepekan cukup ijinkan satu kali saja, selebihnya biarlah memakai baju perempuan yang cantik-cantik. Biarkan dia percaya diri dengan dirinya sendiri.

Untuk menjaga anak-anak selalu percaya diri di sekolah, tips di bawah ini bisa dicoba :


  1. Jangan mengatakan hasil kerja mereka di sekolah itu jelek atau tidak bermanfaat. Puji sajalah, dengan menambahkan kata-kata motivasi penyemangat agar dia lebih percaya diri. Bisa-bisa anak mogok mengerjakan semua pekerjaan sekolah.
  2. Jangan biarkan anak dibully di sekolahnya hanya karena penampilannya yang tidak homogen dengan teman-temannya yang lain.  Jangan terlalu membuat anak-anak "berbeda" dengan teman-temannya.
  3. Baju yang kotor atau bau akan membuat anak merasa malu dan bisa jadi tidak mau sekolah lagi karena diberi julukan-julukan aneh oleh teman-temannya, untuk itu simpan baju ganti di dalam tasnya agar selepas bermain mereka masih bisa fresh bersekolah dengan pakaian yang bersih. Esok pagi, ajak anak mengenakan pakaian bersih yang wangi.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline