Lihat ke Halaman Asli

Siti Masa Adah

Mahasiswa Fakultas Syariah Program Studi Hukum Ekonomi Syariah UIN Raden Mas Said Surakarta

Ayo Mengenal Asuransi Syariah Bareng Aku dari Buku Ini

Diperbarui: 23 Februari 2023   20:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Halo!! Saya Siti Masa Adah (202111011) mahasiswa UIN RADEN MAS SAID SURAKARTA Fakultas Syariah Prodi Hukum Ekonomi Syariah disini saya akan mereview buku yang berjudul Pengantar Asuransi Syariah oleh Nurul Ichsan Hasan, MA.

IDENTITAS BUKU :

Judul : Pengantar Asuransi Syariah

Penulis : Nurul Ichsan Hasan, MA.

Penerbit : Gaung Persada Press Group 

Terbit : 2014

Cetakan : Pertama, Oktober 2014

BOOK REVIEW :

Buku setebal 261 halaman karya Nurul Ichsan Muhammad ini menjabarkan mengenai dasar-dasar dari asuransi syariah secara detail. Buku ini mencakup 8 BAB besar yang mendeskripsikan mengenai takaful, takaful dan asuransi konvensional, al-mudharabah dalam takaful, tabarru' dalam takaful, ruang lingkup asuransi, jenis usaha asuransi, peraturan perasuransian di Indonesia, eksistensi, analisis swot, prospek hingga strategi pengembangan asuransi syariah di Indonesia. 

Di awali dengan membahas mengenai awal mula berdirinya asuransi takaful, bahwa apabila dilihat dari sejarahnya sendiri pendirian asuransi takaful itu untuk memenuhi keperluan umat Islam di zaman modern sekarang ini yang dilatarbelakangi oleh perbincangan dan kajian mengenai asuransi secara Islam oleh para ulama dan pakar pakar asuransi. Mereka membuat kesimpulan tentang konsep-konsep Islam yang dapat dijadikan dasar falsafah asuransi secara Islam. Usulan yang diutarakan amat banyak tetapi keseluruhannya tidak lepas dari konsep altakaful yang ada dalam Islam. Takaful kemudiannya dipakai sebagai nama asuransi secara Islam dan takaful ini lebih dikenal sebagai Perusahaan asuransi yang sistem operasionalnya berlandaskan ajaran Islam.

Takaful memiliki konsep, prinsip dan falsafah yang berdasarkan kepada ajaran Islam. Ketiganya menggambarkan rancangan perlindungan asuransi sesuai dengan syariat Islam, yang dilakukan secara bersama sama dalam masyarakat muslim yang mengadung nilai kemanusiaan dan persaudaraan didasari atas rasa kasih sayang dan pengorbanan bersumber dari ajaran Alquran dan Hadits Nabi SAW.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline