Lihat ke Halaman Asli

Siti Maryati

Mahasiswa Prodi Pengembangan Masyarakat Islam Institut Pesantren Mathali'ul Falah

Merajut Kerukunan serta Manfaat Toleransi dalam Keberagaman Agama di Indonesia

Diperbarui: 27 April 2021   08:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Merajut kerukunan. | kompas.com

Indonesia merupakan negara kesatuan yang dipimpin oleh seorang presiden. Wilayah di Indonesia didiami oleh penduduk yang terdiri dari bermacam-macam suku bangsa yang tentunya memiliki keyakinan kekayaan budaya, suku, ras, agama, bahasa dan kehidupan sosial yang berbeda-beda. Keanekaragaman yang ada di Indonesia adalah kekayaan dan keindahan bangsa. Meski banyak perbedaan dan keanekaragaman, Indonesia tetap satu seperti semboyan negara yaitu "Bhineka Tunggal Ika" yang memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Perbedaan itu merupakan sebuah kekuatan, karunia, dan juga rahmat yang diberikan Tuhan untuk mewujudkan  sikap saling menghormati dan menghargai antar sesama.

Menghormati keanekaragaman akan menumbuhkan sikap toleran. Salah satu wujud dari sikap toleransi adalah melakukan kerjasama dengan orang lain serta saling menghargai satu sama lain. Sebagai makhluk individu sekaligus sosial dituntut mampu menjalin hubungan dengan orang lain untuk memenuhi kebutuhannya, dan didalam pemenuhan tersebut bisa saja menemui benturan antar kelompok, golongan, atau masyarakat umum baik yang berkaitan dengan suku, ras, maupun agama.

Oleh karena itu, sebagai warga negara Indonesia yang baik perlu menjunjung tinggi tolerasi antarumat beragama dan menghormati antar hak serta kewajiban yang ada di antara sesama demi terciptanya kehidupan yang tentram, rukun, damai dan menjaga keutuhan negara Indonesia.

Dalam ideologi negara yaitu Pancasila, terdapat lima dasar atau lima sila yang mengandung nilai-nilai luhur di dalamnya. Salah satunya adalah sikap toleransi. Toleransi sendiri merupakan sikap saling menghormati ataupun menghargai  suatu perbedaan ataupun keyakinan, tanpa harus  menjatuhkan antara satu dengan yang lainnya

Dari sikap toleransi memiliki banyak manfaat untuk kehidupan bermasyarakat, salah satunya adalah:

  1. Menumbuhkan suasana harmonis dalam sebuah keluarga. Dalam keluarga, sikap toleransi sangatlah penting untuk diterapkan. Karena dengan sikap toleransi, bisa saling menghormati dan menghargai serta keluarga menjadi nyaman, tentram tanpa adanya sebuah konflik.
  2. Munculnya rasa simpati atau peduli dalam diri terhadap orang lain.
  3. Dengan sikap toleransi seseorang akan memiliki rasa simpati terhadap orang lain tanpa harus saling membenci.
  4. Terhindar dari sikap egois.
  5. Seseorang yang memiliki jiwa toleransi, akan berusaha untuk mengesampingkan egoisnya demi sebuah kebaikan.
  6. Semakin mempererat tali persaudaraam antara kerabat, keluarga dan juga masyarakat.
  7. Meminimalisir terjadinya konflik antarumat beragama.

Seseorang yang memiliki sikap toleransi, akan berusaha menghormati dan menghargai ditengah keragaman yang ada dengan meminimalisir terjadinya sebuah konflik.

Perbedaan agama mampu menjadikan kita untuk lebih meningkatkan sikap toleransi terhadap antarumat beragama. Dengan toleransi kita bisa terhindar dari sikap intoleransi yang dapt merusak perdamaian dan kesatuan yang sudah ada di Indonesia.

Dengan adanya pendidikan yang didasari keagamaan, diharapkan dapat melestarikan suku budaya, ras, agama dan bahasa yang ada di masyarakat.

Siti Maryati

Pengembangan Masyarakat Islam

KKN MDR DAHSYAT IPMAFA TAHAP II 2020




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline