Lihat ke Halaman Asli

Siti Maryam Nurhasanah

Guru Penggerak SMPN 2 Bojong Kabupaten Purwakarta

Pendampingan Individu 1 SDN Cileunca Kabupaten Purwakarta

Diperbarui: 5 Mei 2024   08:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PI-1 SDN Cileunca Kecamatan Bojong "Foto CGP-PP"

Kamis, 02 Mei 2024 pukul 10.00-13.00 Pendapingan Individu ke 1 di SDN Cileunca dengan CGP. Titik Kusmiati dengan PP. Siti Maryam Nurhasanah. Berikut ini hasil diskusi selama PI :

  • Diskusi tantangan belajar daring : CGP tidak mengalami kendala dalam pembelajaran daring namun memang karena pembelajaran dilakukan secara daring tentunya memerlukan kuota dan jaringan internet yang stabil untuk itu CGP telah mengantisipasinya. Saat ini CGP sedang melanjutkan pendidikan S2 di UPI jurusan Administrasi Pendidikan, untuk itu CGP harus mengatur waktu pengerjaan LMS PGP dengan tugas-tugas dan jadwal kuliah. Sejauh ini PP melihat CGP mampu mengerjakan tugasnya dan mampu mengikuti kegiatan PGP yang berbarengan dengan aktifitas kuliah dengan baik.

    Dokpri

  • Refleksi penerapan perubahan kelas sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara : Saat ini CGP sudah mampu menerapkan pembelajaran yang berpihak pada murid, contohnya CGP berusaha mendorong siswa untuk melek teknologi dengan memanfaatkan android sebgai media pembelajaran. Tak hanya itu CGP mengenalkan siswa dalam menggunakan Chrome book dalam pembelajaran. Tantangan yang dihadapi ketika menggunakan Chrome book yaitu jaringan internet yang tidak stabil serta id Chrome book yang sulit di akses. CGP memiliki pandangan bahwa pada dasarnya pendidikan bertujuan untuk mencetak generasi yang soleh dan solehah sesuai dengan lingkungan sekolah yang kental akan budaya islami sehingga harapan orang tua salah satunya adalah memiliki anak yang berkarakter islami dan mampu menjadi penerus dalam memimpin agama di daerahnya. CGP memiliki harapan untuk meningkatkan kompetensi dalam hal mengelola pembelajaran inovatif dengan memaksimalkan pemanfaatan teknologi yang tersedia di sekolahnya sehingga akan berdampak terhadapa peningkatan karakter dan kompetensi siswa. 

    Dokpri

  • Diskusi pembuatan kerangka portofolio : CGP saat ini sudah mampu membuat portofolio digital dengan menggunakan Google site. CGP hanya perlu menambahkan hasil produk pembelajaran PGP ke dalam portofolio agar lebih informatif dan menarik karena hal itu dapat membantu CGP dalam mendokumentasikan setiap kegiatan PGP dengan lengkap.
  • Diskusi peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam dalam kompetensi guru penggerak : CGP termasuk orang yang sudah matang dalam managemen diri dan matang dari proses berfikir. Kemampuan komunikasi yang sangat baik serta dapat berkolaborasi dengan rekan yang lainnya. Aktifitasnya dalam berorganisasi tidak diragukan lagi membuat CGP terlihat percaya diri dan sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan PGP. 

    Dokpri

Secara keseluruhan dalam pendampingan individu ke-1 ini dapat menambah kedekatan antara PP dan CGP sehingga memiliki chemistry yang lebih baik. Tak hanya itu PP dapat melihat secara langsung keadaan lingkungan sekolah CGP dengan segala situasinya baik dari segi lingkungan belajar ataupun eksistem tenaga pendidik dan kependidikannya juga dukungan dari kepala sekolahnya. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline