Lihat ke Halaman Asli

Integralistik Itu Perlu

Diperbarui: 24 Juni 2015   23:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Untuk pertemuan kali ini, ilmu yang saya dapatkan adalah berawal dari 1 kata , yaitu integralistik. sebenernya apa sih integralistik itu? kata-kata yang mungkin asing bagi orang awam. tapi integralistik adalah sebuah kata yang memiliki artian yang sangat luas. menurut kamus besar bahasa Indonesia, integralistik memiliki makna keseluruhan/kesatuan. Dan mungkin dapat dijabakan lebih rinci, integralistik adalah sebuah sifat kesatuan dalam diri individu dengan lingkungannya.

Seorang yang memiliki sifat integralistik akan selalu peduli pada lingkungannya, dia akan merasa satu dengan lingkungannya. tak hanya secara emosi dan pikiran, tapi juga dalam tindakanpun akan tetap sama. Integralistik sebagai bentuk sebuah pengabdian dan bentuk toleransi terhadap lingkungan

Contoh nyata adalah sering digembar-gemborkannya integralistik di kalangan civitas akademika kampus. Mengapa integralistik sangat penting dalam kehidupan kampus?Ada bebeapa alasan yang dapat mendasari pentingnya integralistik dikampus.

1- Agar tiap mahasiswa merasakan adanya keluarga baru, yaitu keluarga kampus. karena kebanyakan mahasiswa berasal dari berbagai tempat yang tersebar disuatu daerah tertentu. Sebagai contoh mahasiswa ITS tak mungkin hanya berasal dari Surabaya, pasti mereka datang dari berbagai daerah.

2- Menghilangkan sekat-sekat diantara para mahasiswa. seperti status sosial, tingkat kepandaian, keegoisan dan sifat-sifat individualis lainnya.

3- Menyatukan satu sama lain dalam suatu lingkup keluarga besar yang memiliki asa dan tujuan yang sama dalam menggapai ilmu.

4- Menggali loyalitas antar mahasiswa kepada kampus mereka maupun civitas akedemika yang ada didalamnya.

Batapa pentingnya sifat integralistik, dan bayangkan apabila dalam sutu negara memiliki sifat integralistik dalam jiwa masing-masing masyarakatnya? maka tidak akan ada lagi yang namanya pebedaan status sosial, kesenjangan ekonomi, dan kasus-kasus korupsi yang mulai berakar di pikiran masing-masing pemimpin kita.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline