Lihat ke Halaman Asli

Siti Maesaroh

Mahasiswa

Sosialisasi Pentingnya Regenerasi Muda yang Terampil, Serta Sosialisasi Perlindungan Sosial dan Masyarakat Tanggap Bencana

Diperbarui: 7 Agustus 2022   22:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Dokpri

Dokpri

Dokpri

Dokpri

Dokpri

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) semester genap tahun 2022 yang mempunyai tema “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG’s Desa dan MBKM” yang bertujuan menangani permasalahan melalui program pembangunan berkelajutan.

Salah satu program yang ada dalam KKN tematik tahun ini adalah Desa Tanpa Kemiskinan tujuan dipillihnya program ini adalah untuk menargetkan pada tahun 2030, kemiskinan di desa mencapai 0 persen, yang berarti pada tahun 2030 penduduk di desa tidak boleh ada yang miskin. Untuk mencapai target itu, tentu banyak kebijakan yang harus dilaksanakan bersama-sama baik oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun pemerintah desa, dengan cara meningkatkan pendapatan penduduk miskin, menjamin akses terhadap pelayanan dasar serta melindungi seluruh masyarakat dari berbagai bentuk bencana. Oleh karena itu, agenda utama SDGs adalah menghapuskan kemiskinan di dunia pada tahun 2030.

Sebagai salah satu upaya menangani desa tanpa kemiskinan, kelompok 1 yang merupakan bagian kecil dari kelompok 69, yang diberi tugas melaksanakan KKN di kelurahan dago kecamatan coblong mengadakan program kerja pelatihan pembuatan Curriculum Vitae (CV) dan sosialisasi pentingnya masuk perguruan tinggi di SMA Al-Falah Dago. Kegiatan ini sangat penting, dimana para angkatan kerja baru pasti membutuhkan CV untuk melamar kerja, tentunya pembuatan CV itu sangat penting dan menentukan diterima atau tidaknya di suatu perusahaan. 

Serta sosialisasi pentingnya masuk perguruan tinggi yang merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan pentingnya perguruan tinggi bagi para siswa yang hendak melanjutkan pendidikannya, sosialisasi ini bertunjuan sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan taraf hidup yang lebih baik. Adapun target dari kegitan ini adalah siswa sma kelas 12 yang kebetulan membutuhkan informasi terkait hal tersebut.

Dokpri

Selain itu kelompok kami mengadakan kegiatan sosialisasi mengenai pentingnya penanggulangan rawan bencana, perlindungan soial, daya beli penduduk serta desa yang sehat dan bersih. Dalam kegiatan sosialisasi ini kami berdiskusi langsung dengan lurah dan rw-rw setempat yang ada mengenai betapa pentingnya hal tersebut demi mewujudkan desa tanpa kemiskinan, adapun kegiatan yang kami lakukan untuk mendorong kegiatan sosialisasi ini sukses adalah dengan membuatkan poster yang berisi informasi mengenai pentingnya penanggulangan rawan bencana, perlindungan soial, daya beli penduduk serta desa yang sehat dan bersih yang disebar ke setiap daerah di lingkungan dago.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline