Lihat ke Halaman Asli

Siti Maesaroh

Mahasiswi

Kamu Mudah Lupa? Mungkin karena Hal Berikut

Diperbarui: 14 Juli 2022   23:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Kondisi di mana seseorang gagal untuk mengingat secara terus-menerus akan sesuatu hal. Kondisi ini merupakan hasil dari perubahan di otak manusia. Biasanya, hal ini merupakan hal biasa seiring menuanya seseorang.

Mudah lupa umumnya bukan saja terjadi ketika seseorang ingin mengingat peristiwa yang sudah terjadi. Pada beberapa orang, hal itu juga berupa kesulitan untuk membentuk ingatan baru atau saat mempelajari hal-hal baru.

1. Pola Makan yang buruk

Dilansir dari laman Harvard Health Publishing, seseorang yang mengkonsumsi banyak makanan mengandung lemak jenuh dan lemak trans cenderung memiliki ingatan yang lebih buruk dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi makanan tersebut. Maka dari itu berhati-hatilah dalam memilih makanan. 

Pilih lah makanan yang sudah terjamin gizinya dan baik bagi kesehatan. Ingat sekali lagi jangan asal bebas memakan sesuatu ya.

2. Obat-obatan Tertentu

Ada beberapa obat yang dapat mempengaruhi daya ingat dan bisa menimbulkan efek samping seperti kebingungan. 

Kondisi ini bisa membuat kamu sulit memperhatikan hal-hal baru itu yg bisa menyebabkan sering lupa. So, buat kalian juga nih suka mengonsumsi obat tidur juga dikurangi, pakailah saat urgent atau dengan resep dokter ya.

3. Kurang Tidur

Waktu tidur yang terlalu sedikit atau kualitas tidur yang buruk bisa menyebabkan perubahan suasana hati dan kecemasan. 

Hal itu dapat menurunkan fokus dan konsentrasi yang pada akhirnya dapat mempengaruhi kemampuan daya ingat seseorang. Nah, tidur itu suatu hal yang penting untuk kesehatan. Mari membiasakan diri untuk tidur teratur.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline