Lihat ke Halaman Asli

siti komariah

mahasiswa

Doa dan Harapan Warganet Saat Hari Lahir Pancasila

Diperbarui: 7 Juni 2020   00:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Setiap tanggal 1 juni semua rakyat Indonesia memperingati hari lahirnya pancasila. Hari lahir pancasila sudah ada sejak tahun 1945. Sebuah pidato yang disampaikan oleh Seokarna dalam sidang BPUPKI merupakan konsep dan rumusan awal dasar negara ini. Dasar negara yang dianut negara kita sampai sekarang.

Dalam era kemajuan teknologi ini, dapat di manfaatkan untuk menyampaikan pendapat dan harapannya melalui sosial media. Ramai-ramai warganet menuliskan doa dan harapannya bagi bangsa ini. Hal ini yang menjadikan #pancasila trending disalah satu sosial media  Twitter.

Banyak doa dan harapan yang dituliskan oleh warganet diakun sosial media twitter. mereka memberikan doa dan harapannya untuk Indonesia agar lebih baik lagi. Harapan yang disampaikan seperti pereratan persaudaraan, persatuan agama,ras,suku agar Indonesia menjadi kuat. Dalam situasi pandemi Covid-19 ini juga mereka memberikan harapan agar Indonesia kembali pulih kembali.

Tak hanya warganet yang mencuitkan keyword pancasila tetapi tokoh-tokoh politik hingga youtuber juga meramaikan hari pancasila ini. Hari pancasila ditetapkan menjadi tanggal merah oleh presiden Jokowi Dodo dengan mendatanggani keputusan presiden pada 2016 lalu yang berlaku sampai sekarang.

Tidak hanya harapan mereka juga mengkritik pemerintahan dalam cuitannya. Salah satunya menyindir para penjabat yang korupsi serta kebijakan pemerintah yang terjadi sekarang ini. Mereka memberikan harapan agar praktik korupsi dapat bersih dan berkurang  serta kebijakan yang membantu rakyat Indonesia agar lebih baik lagi.

Pandemi Covid-19 ini membuat para pemimpin membuat suatu kebijakannya salah satunya Presiden yang memberikan bantuan sosial kepada warganya yang terkena dampak Covid-19 dan New Normal. Serta Gubernur memperlakunya PSBB ( Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang terjadi di beberapa kota.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline