Lihat ke Halaman Asli

SITI KHOFIFAH

GURU BIOLOGI SMA NEGERI 1 SIDAYU

Jurnal Refleksi Modul 1.3 Model 4C

Diperbarui: 12 Oktober 2022   20:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

                                                                JURNAL DWIMINGGUAN MODUL 1.3  REFLEKSI MODEL 4C

Penulis : Siti Khofifah S. Pd, M.Pd

Diterbitkan : 12 Oktober 2022

Pada modul 1.3  dilakukan pada tanggal 26 – 8 Oktober 2022 dengan tahapan Mulai dari Diri & Eksplorasi Konsep – Mandiri, Eksplorasi Konsep – Forum Diskusi, Eksplorasi Konsep – Forum Diskusi, Ruang Kolaborasi Demonstrasi Kontekstual,Elaborasi Pemahaman/Koneksi Antar Mater, Aksi Nyata dan berakhir dengan membuat Jurnal Refleksi Dwimingguan.  Materi dipelajari adalah Visi guru penggerak yang sangat penting sekali bagi calon guru penggerak. Visi Guru Penggerak, memuat impian, cita-cita, nilai, di masa depan, dengan tujuan untuk mencapai perubahan yang lebih baik dari kondisi saat ini. 

Pada modul 1.3 materi Visi guru penggerak bila dikaitkan dengan sebelumnya, terkait filosofi pemikiran pendidikan Ki Hajar Dewantara dan nilai-nilai dan peran guru penggerak maka terdapat koneksi antar materi. Visi Guru Penggerak, memuat impian, cita-cita, nilai, di masa depan, dengan tujuan untuk mencapai perubahan yang lebih baik dari kondisi saat ini. 

Untuk mencapai visi tersebut tidak lepas dari nila-nilai dan peran yang dimiliki oleh pendidik dalam melakukan pembelajaran yang sesuai dengan dasar-dasar filosofi pemikiran pendidikan Ki Hajar Dewantara.  Visi membantu kita untuk melihat kondisi saat ini sebagai garis “start” dan membayangkan garis “finish” seperti apa yang ingin dicapai, bagaikan seorang pelari yang perlu mengetahui garis “start” dan garis “finish” bahkan sebelum ia benar-benar berlari melintasi jalur lari tersebut.

Materi yang diberikan narasumber dengan alur MERRDEKA merupakan hal yang baru dan merupakan ilmu pengetahuan baru yang saya ketahui terkait perubahan dengan model BAGJA yang menggunakan pendekatan  Inkuiri Apresiatif (IA). Selama ini saya tidak terfikir melakukan perubahan ke arah lebih baik dengan membuat rencana  program kegiatan untuk mencapai visi di sekolah SMA Negeri 1 Sidayu. Lalu bagaimana strategi yang harus dilakukan untuk mencapai Visi tersebut? 

Diawali dengan Berpikir Strategis yang mendorong perubahan budaya sekolah, yang merujuk pada kebiasaan yang dilakukan di sekolah meliputi sikap, perbuatan, dan segala bentuk kegiatan yang dilakukan warga sekolah dengan partisipasi dan inovasi para pendidik.

Konsep-konsep utama pada modul 1.3  yang saya pelajari dan menurut saya penting untuk terus dibawa selama menjadi Calon Guru Penggerak atau bahkan setelah menjadi Guru Penggerak adalah model perubahan BAGJA  dengan alur : Buat Pertanyaan/Define, Ambil Pelajaran/Discover, Gali Mimpi/Dream, Jabarkan Rencana/Design, Atur Eksekusi/Deliver) dan Pendekatan atau paradigma IA yang menggali hal-hal positif. 

Paradigma IA  dibutuhkan sebagai alat untuk mencapai tujuan dengan ciri kolaboratif, berbasis kekuatan dapat membantu membebaskan potensi inovatif dan kreativitas, berusaha fokus pada kekuatan yang dimiliki setiap pendidik dan menyatukannya untuk menghasilkan kekuatan tertinggi berupa inti positif yang dapat memberikan kontribusi pada keberhasilaN. Inkuiri Apresiatif adalah suatu filosofi, suatu landasan berpikir yang berfokus pada upaya kolaboratif menemukan hal positif dalam diri seseorang, dalam suatu organisasi dan dunia di sekitarnya baik di masa lalu, masa kini maupun masa depan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline