Lihat ke Halaman Asli

Siti Khodijah

maha siswa

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Orang Tua kepada Anak Ketika Akan Memasuki Sekolah Dasar

Diperbarui: 30 Januari 2024   08:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Hallo moms, tahun ajaran baru anak baru mau mulai sekolah? moms bingung hal apa saja yang harus diperhatikan kepada anak ketika akan memasuki sekolah dasar? Kali ini mimin akan membahas tentang Hal-hal yang harus diperhatikan Orang Tua kepada anak ketika Sang Buah hati akan memasuki Sekolah Dasar, Simak baik-baik yaa.

Pertama, Perhatikan Pendidikan Pra Sekolah

Pendidikan Pra Sekolah dilaksanakan oleh anak sekitar Usia 2 sampai 6 Tahun, biasanya pada Usia ini Orang Tua akan memasukan anak mereka ke Taman Kanak-Kanak. Hal ini bertujuan ketika Anak memasuki Sekolah Dasar, Anak sudah siap dan berkembang pada Usia 7 Tahun, oleh karena itu harus diperhatikan dengan baik pula sang anak sekolah di taman kanak-kanak yang nyaman, dan terlindungi

Kedua, Memperhatikan Kesehatan mental dan fisik anak

Nah di poin kedua ini para Orang tua harus lebih berhati-hati, jangan sampai karena ingin mempunyai anak yang pintar dan cerdas Orang Tua tidak memperhatikan Kesehatan mental dan fisik anak. Caranya yaitu Para orang tua bisa memulai dari memberikan makanan yang sehat dan bergizi kepada anak supaya fisik nya kuat, lalu memberikan hal-hal yang baik kepada anak supaya mental nya sehat dengan cara memberikan tontonan yang baik kepada anak, seperti jangan bertengkar di hadapan anak, menunjukan rasa kasih sayang sesama keluarga.

Ketiga, Kebutuhan anak terpenuhi

Para Orang Tua harus memperhatikan Kebutuhan anak, mulai dari makanan sehari-hari, uang yang anak bawa ketika Sekolah, Pakaian yang dipakai anak, oleh karena itu Para Orang tua harus bekerja supaya Kebutuhan Anak tersebut terpenuhi.

Itu saja pembahasan mimin kali ini, semoga artikel ini dapat membantu Para Orang tua, Ketika Sang Buah hati anak menempuh Pendidikan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline