Definisi Komunikasi Pemasaran
Komunikasi pemasaran merupakan suatu cara bagi perusahaan atau manajemen untuk secara langsung menghubungi konsumen untuk menyediakan produk dan jasa yang efektif dan efisien.
Tujuan komunikasi pemasaran
- Informasi dan Promosi - Komunikasi dapat digunakan untuk menarik konsumen dan calon konsumen agar membeli produk dengan menggunakan komunikasi massa.
- Proses dan Pembentukan Citra - Komunikasi juga dapat digunakan untuk mempengaruhi beberapa tahap proses pembelian konsumen.
- Integrasi - Komunikasi ini dapat digunakan secara efektif dan efisien sehingga konsumen memiliki gambaran yang jelas tentang produk.
- Hubungan - Komunikasi juga dapat digunakan sebagai sarana untuk menggabungkan berbagai bentuk hubungan yang dibangun organisasi dengan konsumen.
Bauran Komunikasi Pemasaran
1. Periklanan Periklanan adalah suatu bentuk komunikasi massa dan harus menarik perhatian, menyampaikan informasi, mengembangkan sikap atau mengharapkan tindakan yang menguntungkan pengiklan. Iklan digunakan oleh media untuk menyampaikan informasi produk kepada khalayak luas untuk tujuan tertentu.
2. Promosi penjualan Promosi penjualan adalah upaya pemasaran komunikasi dan non-komunikasi yang dimaksudkan untuk merangsang konsumen mencoba-coba, meningkatkan permintaan konsumen, atau meningkatkan kualitas produk. Upaya pemasaran promosi penjualan ini dilakukan dalam jangka pendek.
3. Humas Menjalin hubungan baik dengan berbagai kalangan untuk memperoleh publisitas yang diinginkan, membangun citra perusahaan yang baik dan menghadapi atau menghadapi rumor, berita, dan peristiwa yang sulit ditanggung.
4. Penjualan Pribadi Interaksi tatap muka terjadi dengan banyak pelanggan atau calon pelanggan untuk memuaskan kebutuhan pelanggan. Dengan penjualan pribadi ini, bisnis berhubungan langsung dengan pembeli potensial untuk mencoba mendidik konsumen tentang produk dan meyakinkan mereka untuk membeli produk secara langsung.
5. Pemasaran Langsung Hubungan langsung dengan konsumen individu ditargetkan secara hati-hati untuk mencapai tanggapan instan dan membangun hubungan pelanggan yang langgeng.
Strategi Komunikasi Pemasaran
- Sumber adalah pesan yang mendefinisikan tujuan komunikasi dan menetapkan tujuan komunikasi.
- Pemasar membuat iklan bertarget dan kampanye promosi dengan menargetkan segmen target tertentu.
- Enkripsi adalah penyandian beberapa tujuan menjadi satu pesan. Perusahaan periklanan merancang pesan berkode sebagai iklan. Pesan penjualan dikodekan sebagai presentasi penjualan.
- Transmisi adalah sarana pengiriman pesan melalui media untuk mencapai target audiens. Penyebaran komunikasi pemasaran dapat melalui media massa, word of mouth dari supplier, atau direct mailing flyer kepada target audience. Proses dimana penerima memecahkan kode pesan sehingga pesan dapat dipahami melibatkan dua pertanyaan kunci, yaitu, apakah konsumen menafsirkan pesan sebagaimana dimaksud oleh pengiklan, dan apakah pesan tersebut memiliki dampak positif pada audiens. perilaku.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H