Lihat ke Halaman Asli

Siti Irmasari

Mahasiswa

Komunikasi Pemasaran

Diperbarui: 10 Juli 2022   10:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Definisi Komunikasi Pemasaran  

Komunikasi pemasaran merupakan suatu cara bagi perusahaan atau manajemen untuk secara langsung menghubungi konsumen untuk menyediakan produk dan jasa yang efektif dan efisien. 

 Tujuan komunikasi pemasaran  

  •  Informasi dan Promosi - Komunikasi dapat digunakan untuk menarik konsumen dan calon konsumen agar membeli produk dengan menggunakan komunikasi massa.  
  • Proses dan Pembentukan Citra - Komunikasi juga dapat  digunakan untuk mempengaruhi beberapa tahap proses pembelian  konsumen.  
  • Integrasi - Komunikasi ini dapat digunakan secara efektif dan efisien sehingga konsumen memiliki gambaran yang jelas tentang produk.  
  • Hubungan - Komunikasi juga dapat digunakan sebagai sarana untuk menggabungkan berbagai  bentuk hubungan yang dibangun  organisasi dengan konsumen.  

Bauran Komunikasi Pemasaran 

 1. Periklanan  Periklanan adalah suatu bentuk komunikasi massa dan harus menarik perhatian, menyampaikan informasi, mengembangkan sikap atau mengharapkan  tindakan yang menguntungkan  pengiklan.  Iklan digunakan oleh media untuk menyampaikan informasi produk kepada khalayak luas untuk tujuan tertentu.  

2. Promosi penjualan  Promosi penjualan adalah upaya pemasaran komunikasi dan non-komunikasi yang dimaksudkan untuk merangsang konsumen mencoba-coba, meningkatkan permintaan konsumen, atau meningkatkan kualitas produk.  Upaya pemasaran  promosi penjualan ini dilakukan dalam jangka pendek.  

3. Humas  Menjalin hubungan baik dengan berbagai kalangan untuk memperoleh publisitas  yang diinginkan, membangun citra perusahaan yang baik dan menghadapi atau menghadapi rumor, berita, dan peristiwa yang sulit ditanggung.  

4. Penjualan  Pribadi   Interaksi tatap muka terjadi dengan banyak pelanggan atau calon pelanggan untuk  memuaskan kebutuhan pelanggan.  Dengan penjualan  pribadi ini, bisnis berhubungan langsung dengan  pembeli potensial untuk mencoba mendidik konsumen tentang produk dan meyakinkan mereka untuk membeli produk secara langsung. 

5. Pemasaran Langsung   Hubungan langsung dengan  konsumen individu ditargetkan secara hati-hati untuk mencapai tanggapan instan dan membangun hubungan pelanggan yang langgeng.  

Strategi Komunikasi Pemasaran

  • Sumber adalah pesan yang mendefinisikan tujuan komunikasi dan menetapkan tujuan komunikasi. 
  • Pemasar membuat iklan bertarget dan kampanye  promosi dengan menargetkan segmen target tertentu. 
  • Enkripsi adalah penyandian beberapa  tujuan menjadi satu pesan. Perusahaan periklanan merancang pesan berkode sebagai iklan. Pesan penjualan dikodekan sebagai presentasi penjualan. 
  • Transmisi adalah sarana pengiriman pesan melalui media untuk mencapai target audiens. Penyebaran komunikasi pemasaran dapat melalui media massa, word of mouth dari supplier, atau direct mailing flyer kepada target audience. Proses dimana penerima memecahkan kode pesan sehingga pesan dapat dipahami melibatkan dua pertanyaan kunci, yaitu, apakah konsumen menafsirkan pesan sebagaimana dimaksud oleh pengiklan, dan apakah pesan tersebut memiliki dampak positif pada audiens. perilaku. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline