Lihat ke Halaman Asli

Padi dan Kesetiannya pada Manusia

Diperbarui: 17 Juni 2015   16:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Padi begitu kecil tapi banyak yang membutuhkan apalagi yang namanya manusia,dan bisa membuat orang bisa bertahan hidup hingga sampai sekarang ini, padi begitu besar jasa-jasanya Semua orang sangat membutuhkanya ,tanpa ada namanya padi semua orang akan kelaparan , beras / nasi bisa membuat orang bertenaga. Di mana semua orang sangat membutuhkan yang namanya beras.



Kandungan dan Manfaat Padi/Beras - Tanaman satu ini siapa yang tidak kenal karena padi/beras adalah bahan makan pokok untuk masyarakat Indonesia, tetapi tidak untuk orang Papua dan sekitarnya, krena bahan makanan pokok mereka adalah sagu. Pemanfaatan beras semata-mata juga bukan untuk makanan saja, tetapi beras juga biasa diolah menjadi tepung beras yang biasa digunakan untuk membuat kue dan lain sebagainya. Beras umumnya tumbuh sebagai tanaman tahunan. Tanaman padi dapat tumbuh hingga setinggi 1 - 1,8 m. Daunnya panjang dan ramping dengan panjang 50 - 100 cm dan lebar 2 - 2,5 cm. Beras yang dapat dimakan berukuran panjang 5 - 12 mm dan tebal 2 - 3 mm. Daun tunggal berbentuk pita yang panjangnya 15-30 cm, lebar mencapai 2 ern, perabaan kasar, ujung runcing, tepi rata, berpelepah, pertulangan sejajar, hijau. Bunga rnajemuk berbentuk malai. Buahnya buah batu, terjurai pada tangkai, warna hijau, setelah tua menjadi kuning. Biji keras, bulat telur, putih atau merah. Butir-butir padi yang sudah lepas dari tangkainya disebut gabah, dan yang sudah dibuang kulit luarnya disebut beras.



Kita sebagai manusia harus mengikuti sifatnya padi biar pun padi di injak-injak dia tetap sabar, dan bisa menghidupi manusia. Walaupun dia hidup di bagian yang sering tidak layak untuk di lihat

Padi begitu besar jasa-jasanya kepada manusia




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline