Lihat ke Halaman Asli

Siti Nur Hildhawati Ilham

Tadris IPS 2. IAIN Jember

Filsafat Pendidikan Rekonstruksionisme dan Tokohnya

Diperbarui: 29 Mei 2020   19:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Konstruksionisme merupakan aliran pendidikan yang mempengaruhi ide-ide pragmatisme. Rekonstruksionismemempercayai bahwa realitas sosial itu selalu berubah-ubah, sebagai konsekuensinya mereka memandang seolah itu sebagai lembaga sosial tempat untuk mengembangkan daya kritis peserta didik atau melihat persoalan di sekitarnya.

Tokoh Filsafat Pendidikan Rekonstruksionisme.

1. Corolinepart.

Beliau mengemukakan ide-ide tentang sesuatu yang dapat memberikan anak-anak kesempatan untuk mewakili dunia mereka sendiri dan manusia menempuh sebuah pendidikan agar manusia tersebut mampu berfikir secara efektif dan kritis.

2. Jhon Dewey.

Ia berpendapat bahwa sebuah pendidikan merupakan tonggak setiap siswa untuk belajar dalam berinteraksi dan bersosialisasi dengan siswa yang lainnya. Karena siswa merupakan generasi di masa yang akan datang dan yang akan membawa perubahan kearah yang positif.

3. George Count dan Harold Rugg.

Dalam pemikiran mereka ber dua memiliki pemikiran dimana di dalam pendidikan manusia harus menjadi manusia yang bar, yang di maksud manusia yang baru ialah manusia yang adil, berkompetensi, dapat merubah kearah positif dan lain-lain.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline