Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Memiliki Teman Curhat

Diperbarui: 16 April 2019   01:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Manusia sebagai zoon politicon tidak pernah bisa hidup sendiri manusia selalu membutuhkan manusia lain dalam semua aspek kehidupan. Mulai dari lahir sampai meninggal dunia seseorang akan tetap membutuhkan orang lain untuk membantunya baik secara lansung maupun tidak langsung.

Orang-orang yang dapat membantu secara langsung mungkin  orang-orang yang berada di dekat kita seperti orang tua, saudara, tetangga, guru, teman, dan masih banyak lagi.

Orang tua mungkin menjadi yang paling berpengaruh dalam kehidupan manusia, namun selain orang tua yang memiliki peran besar terhadap kehidupan seseorang adalah teman.

Teman bisa dikatakan orang yang dekat dengan seseorang yang melakukan kegiatan bersama-sama. Teman mempunyai banyak pembagian mulai dari teman biasa, teman dekat, teman curhat, teman sebaya, dll.

Mungkin dari sekian banyak teman yang paling bisa dipercaya dalah teman curhat mengapa demikian, karena seseorang akan menumpahkan semua isi hatinya dengan teman curhat.

Seseorang yang mempunyai banyak teman curhat akan sangat beruntung, karena banyak manfaat yang akan diperoleh dengan mempunyai teman curhat diantaranya adalah

Tidak merasa sendiri.

Ketika seseorang sedang dalam keadaan down atau memiliki banyak masalah tidak akan merasa sendiri karena adanya teman curhat yang mau meluangkan waktunya untuk mendengar masalah-masalah dan bahkan memberikan motivasi dan dorongan untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut.

Mampu terhindar dari stres dan depresi.

Stress dan depresi timbul dari permasalahan-permasalahan yang disimpan dan tidak bisa diselesaikan. Dengan adanya teman curhat masalah yang sebelumnya hanya dipendam sendiri akan dicurahkan kepadanya sehingga beban yang ditanggung oleh seseorang tadi terasa lebih ringan.

Lebih percaya diri.

Seseorang akan lebih percaya diri ketika ada yang menyemangati, mendukung, dan memberikan kekuatan atau motivasi kepadanya. Seorang teman curhat biasanya akan selalu mendukung apapun yang dilakukan oleh teman curhatnya selama itu baik dan tidak merugikan orang lain.

Mempunyai mental yang lebih sehat.

Ketika seseorang tidak pernah merasakan stres dan selalu percaya diri itu adalah salah satu indikasi bahwa dia mempunyai mental yang sehat. Disebutkan juga oleh psikolog klinis dan psikoterapi bahwa mempunyai teman curhat merupakan kekayaan bathin sesorang.

Mengurangi kemungkinan terjebak pergaulan bebas.

Tidak semua orang bisa membagikan keluh kesahnya kepada keluarga ataupun orang tuanya. Ketika orang seperti itu mempunyai masalah yang besar dan dia tidak mempunyai teman curhat maka bisa saja dia menyalurkan emosinya dengan cara yang tidak benar seperti mengonsumsi narkoba.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline