Lihat ke Halaman Asli

Siti habibahwulandari

UIN Syber Syekh Nurjati Cirebon

Tidak hanya Pantai Karanghawu Palabuhanratu! Pantai Citepus Palabuhanratu, Ternyata Sering Menjadi Tujuan Liburan Keluarga di Saat Libur Lebaran

Diperbarui: 21 April 2024   08:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pantai Citepus Palabuhanratu Kab. Sukabumi

Palabuhanratu merupakan daerah yang terletak di Kab. Sukabumi sebagai Ibu Kota Kabupaten. Terkenal dengan keindahan alam yaitu Pantai Selatan terdapat salah satu mitos dongeng cerita rakyat dengan adanya "Nyi roro kidul" sebagai Ratu Pantai Selatan terletak di Pantai Karanghawu.

Selain Pantai Karanghawu, di Palabuhanratu juga terdapat banyak Pantai yang menjadi daya tarik wisatawan  untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, dan orang tercinta. Diantara Pantai tersebut yaitu Pantai Gado Bangkong, Pantai Geopark Ciletuh, Pantai Loji, Pantai Kwan-in, Pantai Ujung Genteng, Pantai Istana Presiden, Pantai Batu Bintang, Pantai Citepus.

Pantai Citepus Palabuhanratu juga di padati pengunjung sejak Lebaran Idul Fitri 10/04/24 hingga Senin, 15/04/24. "Pantai Citepus pasca lebaran cukup meriah namun, pada saat pulang di Sore Hari terutama yang pulang di wilayah Pantai Karanghawu akan menuju Sukabumi, Bogor, Cianjur, dan di sekitaran Pos Pam Citepus yaitu di berlakukan dengan istilah satu jalur yaitu one way dari arah Karanghawu menuju Palabuhanratu". Ujar Roni Haryanto selaku Kepolisian Sektor (Kapolsek) Palabuhanratu.

Pantai Citepus ini dari tahun ketahun sering memakan korban jiwa karena terseret ombak. Namun pada tahun ini, "tidak ada korban jiwa baik laka laut laka lintas maupun ringan, disekitaran Pantai Citepus, khusunya di pantai citepus umumnya di Kab. Sukabumi". Roni Haryanto

Pantai ini juga di jaga dengan ketat para petugas hendak terjun kelapangan antara lain: Polisi, Brimob, Pol PP, Pemadam Kebakaran, Basarnas dan Wartwawan setempat. Pertolongan pertama apabila wisatawan terseret ombak hingga tenggelam para petugas siap siaga dan memberikan himbauan kepada pengunjung, dari beberapa petugas lain juga personil dari Direktorat Bawah Kendalai Operasi (BKO) air, yang di BKO kan dari Polda Jabar ke Pantai Citepus ini.

Pantai ini juga memiliki daya tarik tersendiri yaitu terdapat tempat nongkrong dengan memakai Payung Pelangi sebagai peneduh dari pancaran sinar Matahari, adapun dari itu warga sekitar menyediakan fasilitas bermain yang bisa disewakan untuk para pengunjung, diantara fasilitas tersebut ialah menunggang kuda, melukis, banana boot, motor Atv All Terrain Vehicle bisa berfoto-foto dan berburu sanset.

Selain sewa mainan, disini juga banyak jajanan UMKM warga lokal seperti baso tusuk, rujak, balon gas, minuman, pop mie, kelapa muda, sosis bakar, baso bakar, pop ice, dsb. Buat para pengunjung yang tidak membawa baju tak usah khawatir disini juga menyediakan baju pantai. Bisa juga di jadikan oleh-oleh buat orang orang terdekat.

Disaat Sore menjelang Magrib, para pengunjung akan di suguhi dengan keindahan sunset. Sebagai spot foto terbaiak. Sambil menikmati segarnya air kelapa muda bareng orang tercinta.

"selama saya berkunjung kesini tidak ada keluh kesah tentang pantai ini justru kalau sekarang malah jadi tertata rapih berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, banyak positifnya juga, jadi emang lebih nyaman sekarang". Ujar Nisa salah satu Pengunjung Pantai Citepus

Dengan harga jajan cukup terjangkau, akan tetapi ada pula pengunjung yang sering membawa bekal makanan dari rumah masing-masing. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline