Lihat ke Halaman Asli

Siti fatimah

Mahasiswa

Dampak Pembelajaran Jarak Jauh pada Siswa SD

Diperbarui: 29 November 2023   22:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

 Pembelajaran jarak jauh (PJJ) memiliki dampak yang signifikan pada siswa sekolah dasar (SD) selama pendemi COVID-19. pembelajaran jarak jauh memerlukan adaptasi yang cukup lama bagi siswa,orang tua,dan guru. Interaksi antara guru dan siswa secara virtual bagi guru sekolah dasar merupakan suatu pekerjaan yang memerlukan energi tersendiri, disamping memerlukan media computer dengan jaringan internet juga mengamati kemampuan siswa agar dapat memenuhi proses pembelajaran melalui daring, sehingga antara guru dan siswa ada yang merasa bahwa berinteraksi secara virtual ternyata juga melelahkan hingga merasa tegang.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, disebutkan dalam pasal 1 bahwa pembelajaran jarak jauh (PJJ) adalah pendidikan yang peserta didik dan pendidikannya terpisah, dan proses pembelajarannya menggunakan berbagai sumber belajar misalnya teknologi komunikasi, informasi dan media lainnya.

Menurut Munir(2020) berpendapat bahwa pembelajaran jarak jauh adalah suatu proses pembelajaran yang tidak melibakan kontak langsung antara pelajar dan pembelajaran.Bentuk komunikasi dua arah di bantu dengan fasilitas atau media.seperti computer,televisi,internet,video,dan sebagainya.

Salah Satu masalah yang timbul dari dampak pembelajaran jarak jauh pada siswa SD adalah kurangnya interaksi antara guru dan siswa. Karena jarak jauh, guru tidak dapat melihat dan mengawasi perkembangan pembelajaran siswa secara langsung. Ini menyebabkan guru tidak dapat memberikan  feedback cepat dan efektif, sehingga siswa tidak dapat mengenali kendala dan meningkatkan kemampuan mereka.

Sebagai contoh, dalam pembelajaran online, siswa  tidak dapat mengajukan pertanyaan secara langsung kepada guru, sehingga mereka harus menunggu waktu yang lama untuk mendapatkan jawaban. Ini menyebabkan siswa tidak dapat mengenali kendala saat melakukan tugas atau ujian, sehingga mereka tidak dapat mengenali kesalahan dan memperbaiki mereka.

Pembelajaran jarak jauh juga menyebabkan kurangnya kolaborasi antara siswa. Karena tidak ada interaksi langsung antara siswa,mereka tidak dapat mengajarkan dan membantu satu sama lain.

Banyak dampak yang di timbulkan dari pembelajaran jarak jauh,baik positif maupun negatif.Dampak positif yang sudah dilihat dan dirasakan pada saat pembelajaran jarak jauh,yaitu:

  • Hemat waktu dan ongkos 

           Peserta didik tidak perlu mengeluarkan uang untuk pergi ke sekolah atau ke kampus,sehingga bisa menghemat lebih banyak waktu.

  • peserta didik dan pendidik lebih melek teknologi

           proses pembelajaran jarak jauh ditengah pendemi harus di lakukan melalui metode online, sehingga penggunaan perangkat tekologi sangat di butuhkan untuk menunjang berjalanya metode pembelajaran tersebut.

  • Muncul aplikasi pembelajaran yang berkualitas

          Biasanya saat pembelajaran secara luring, kita jarang menggunakan aplikasi-aplikasi pembelajaran yang ada selain media sosial. Dengan di terapkannya metode pembelajaran jarak jauh, banyak aplikasi yang tadinya tidak di ketahui menjadi terpakai. Contohnya google meeting, zoom, dan google classroom,discord, dan lain-lain.

Dampak negatif yang ditimbulkan dari pembelajaran jarak jauh, yaitu:

  • Banyak anak putus sekolah
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline