Lihat ke Halaman Asli

Teknologi Menjadikan Dunia dalam Genggaman

Diperbarui: 24 Februari 2022   23:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Apakah masih ada yang tak mengenal handphone atau telepon genggam?


Boleh jadi ada, yaitu mereka yang sejak lahir hidupnya di dalam hutan dan terisolir pada dunia luar. Tetapi bukan kepada mereka pertanyaan itu diajukan, melainkan kepada mereka yang hidup di perkotaan atau di desa yang tak terisolir terhadap dunia luar dan tradisinya tidak mentabukan penggunaan teknologi modern.


Pada awal tahun 1990-an, telepon genggam atau telepon seluler (ponsel) masih menjadi barang langka dan mewah di Indonesia. Hampir bisa dipastikan bahwa orang yang memiliki ponsel di masa itu hanyalah orang kaya dan memiliki mobilitas yang tinggi. Kebanyakan adalah para pengusaha besar.

Pada era tersebut, ponsel merupakan alat komunikasi dua arah yang fungsinya sama dengan telepon rumah dengan fitur tambahan yang bisa mengirimkan pesan teks pendek atau short text message, yang dikenal dengan nama SMS.


Di era sekarang, ponsel dimiliki oleh hampir setiap orang dari berbagai kalangan dari berbagai status ekonomi, sosial, budaya, usia, dan lainnya. Sebuah ponsel dengan mudah dapat ditemukan di setiap rumah atau tempat tinggal.


Ponsel di era sekarang sudah mengalami loncatan-loncatan jauh dari segi teknologi dan fungsi sehingga ponsel sekarang dikenal juga dengan nama smartphone atau ponsel cerdas. Ponsel cerdas menggunakan teknologi mikroprosesor mutakhir untuk memadukan kemampuan ponsel dan komputer dalam satu alat atau gawai (device), sehingga ponsel cerdas menjadi satu-satunya gawai pertama yang dapat menggantikan beberapa alat atau gawai lainnya secara sekaligus dan tetap kompak (compact). Sebut saja telepon rumah, kalkulator, GPS, peta, kompas, kamera, dan banyak lagi lainnya, telah tergantikan secara sekaligus dengan hadirnya ponsel cerdas.

Ponsel cerdas dapat mengakses internet sehingga menjadikannya gawai yang juga turut mempercepat kadaluwarsanya media informasi dan berita konvensional seperti surat, koran, majalah, dan lain sebagainya. Bersamaan dengan itu, fitur-fitur baru yang terus bertambah dan semakin baik pada ponsel cerdas, memungkinkan para penggunanya berinteraksi sosial dengan pengguna gawai sejenis atau gawai lainnya melalui internet. Media sosial adalah salah satu contoh paling populer yang digunakan secara meluas sekarang ini.Ada banyak media sosial yang populer sekarang ini. Begitu pula tak terhitung lagi jumlah sumber informasi dan berita yang dapat ditemukan di dunia maya melalui internet. Seluruh dunia telah memanfaatkan media-media itu dan hampir tak ada belahan dunia yang tak dapat ditemukan informasi dan beritanya di dunia maya. Semua itu dapat diakses dengan mudah melalui ponsel cerdas yang ukurannya hanya dalam satu genggaman tangan, seolah-olah dunia berada dalam genggaman tangan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline