Lihat ke Halaman Asli

Siti FahiraRamadhanty

Mahasiswi KKN Tematik UPI 2021

Strategi Digital Marketing untuk Para Pelaku UMKM agar Dapat Bertahan di Masa Pandemi Covid-19

Diperbarui: 30 Juli 2021   12:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat buruk, bukan hanya kepada kesehatan manusia, tetapi berdampak pada pertumbuhan ekonomi di dunia sehingga terjadi memburuknya sistem keuangan.

UMKM memiliki peranan penting terhadap perekonomian Indonesia terutama ketika terjadi krisis. Salah satu karakteristik utama ekonomi Indonesia adalah besarnya peran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang dijalankan oleh masyarakat dengan pangsa mencapai lebih dari 99% dari total keseluruhan jumlah unit usaha di Indonesia.

Di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini para pelaku UMKM harus bisa melakukan inovasi serta memanfaatkan kanal pemasaran dan penjualan online untuk menjaga keberlangsungan usaha.

Selain itu para pelaku UMKM juga harus bisa menata ulang strategi bisnisnya. Dalam kondisi seperti saat ini, UMKM perlu melakukan penyesuaian diri dalam hal produk dan melakukan beberapa strategi pemasaran untuk bertahan.

Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan oleh UMKM termasuk lini produk baru dan memperbaharui sistem pemasaran yang ada, karena bisnis yang mampu bertahan yaitu bisnis yang responsif terhadap perubahan lingkungan.

Salah satunya dengan digital marketing, Pandemi Covid-19 menyebabkan berkurangnya jumlah konsumen di beberapa sektor dan industri, hal ini menuntut pelaku UMKM untuk dapat memasarkan produk secara maksimal dan memikirkan ide-ide baru yang kreatif dan inovatif.

Semakin pesatnya perkembangan era digital seperti saat ini tidak mungkin untuk dihindari. Apalagi dimasa pandemi Covid-19 saat ini apabila ingin tetap bertahan, maka UMKM harus mampu memaksimalkan manfaat dari perkembangan digital.

Digital marketing merupakan proses mempromosikan bisnis secara online. Digital marketing mencakup semua upaya pemasaran yang menggunakan perangkat elektronik atau internet.

Bentuk digital marketing yang dapat dilakukan oleh pelaku UMKM adalah melakukan publikasi video dan foto produk di sosial media secara intensif.

Pengguna sosial media ini perlu disesuaikan dengan segmen produk yang dimiliki. Pelaku UMKM dituntut untuk selalu belajar dan berpikir terbuka terhadap teknologi yang semakin berkembang.

Tentunya pemasaran secara digital juga mempertimbangkan menggunakan media yang cocok dan cara komunikaasi yang tepat yang disesuaikan dengan segmen atau pangsa pasar yang dipilih. Sehingga pemasaran akan lebih efektif dan tidak salah sasaran.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline