Lihat ke Halaman Asli

Siti DwiNafisah

Universitas Al-falah As-sunniyah

Digital Marketing Menjadi Kunci, KKN Kolaborasi Posko 035 Mendorong UMKM untuk Melebarkan Sayap Pemasaran

Diperbarui: 11 Agustus 2024   15:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Bersama Pelaku UMKM 

JEMBER - Sebagian besar pekerjaan masyarakat di Desa Sabrang Kecamatan Ambulu bergelut di bidang pertanian. Produk pertanian yang bergantung dengan kondisi musim dan cuaca membuat kegiatan UMKM juga semakin digemari oleh masyarakat khususnya para ibu-ibu. Produk UMKM di Desa Sabrang sangat beragam mulai dari susu kambing segar, bakpia, kuping gajah, ladrang, nastar, abon, hingga produk sabun cuci piring pun sudah diproduksi di desa Sabrang. Akan tetapi, kegiatan pemasaran produk UMKM desa Sabrang masih dipasarkan di area sekitar desa bahkan hanya beberapa produk yang dipasarkan sampai keluar desa. Hal tersebut membuat kelompok KKN Kolaboratif #3 di desa Sabrang ingin meningkatkan jangkauan pemasaran produk UMKM di desa Sabrang melalui Digital Marketing.

Sosialisasi Terkait Digital Marketing 

Kamis, 8 Agustus 2024, Kelompok KKN-K #3 posko 035 menggelar pelatihan Digital Marketing di Aula Desa Sabrang. Pelaku UMKM di desa Sabrang sangat antusias untuk mengikuti serangkaian acara mulai awal hingga akhir. Acara diawali dengan sesi pemaparan materi, cara meningkatkan nilai produk melalui pemotretan, dan dilanjutkan dengan pembuatan akun e-commerce sebagai media pemasaran. Kegiatan ini menjadi kesempatan bagi para pelaku UMKM di desa Sabrang untuk mempelajari terkait Digital Marketing yang sudah tidak asing lagi di zaman sekarang. "Saya bersyukur karena dapat mengikuti kegiatan ini, kegiatan ini memang saya butuhkan, karena saya ingin produk saya bisa dipasarkan lewat online" Ujar ibu Puji Lestari salah satu pelaku UMKM di Desa Sabrang.

Dokumentasi Bersama DPL setelah pelaksanaan sosialisasi Digital Marketing 

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan meluaskan jangkauan pasar produk UMKM di desa Sabrang dengan mengenalkan e-commerce yang saat ini marak digunakan oleh masyarakat. Kelompok 035 KKN Kolaborasi akan terus mendampingi para pelaku UMKM untuk mendalami terkait digital marketing. Nantinya diharapkan para pelaku UMKM di desa Sabrang dapat memasarkan produknya melalui platform digital dengan sebaik mungkin secara mandiri dan konsisten.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline