1. Pendahuluan
Problem solving secara bahasa berasal dari dua kata yaitu problem dan solves. Makna bahasa dari problem yaitu "athings that is difficult to deal whit understand" (suatu hal yang sulit untuk melakukannya atau memahaminya ). jida di artikan a'question to be answer or solve" ( pertanyaan yang butuh jawaban atau jalan keluar ).Sedangkan termonologi seperti yang di artikan oleh syaiful bahri djamarah dab Azwan zayn problem solving adalah suatu cara berfikir cara ilmiah untuk mencari pemecahan suatu masalah.
Problem solving adalah kemampuan mengana lisa masalah serta menemukan solusi yang efektif untuk memecahkan masalah tersebut.menurut umar hamalik problem solving adalah suatu atau sebuah proses mental serta intelektual dalam menemukan masalah dan memecahkannya dengan berdasarkan pada data serta informasi yang ada untuk mengambil sebuah kesimpulan yang tepat dan cermat. menurut santrok problem solving adalah sebuah cara di lakukan untuk menemukan jalan atau solusi yang sesuai dalam suatu pencapaian.
2. Pembahasan
Problem solving adalah belajar memecahkan masalah . Pada tingkat ini peserta didik belajar merumuskan pemecahan masalah, memberikan respont terhadap rangsangan yang menggambarkan atau membangkitkan situasi problemmatika, yang menggunakan semua kaidah yang dikuasainya. Pemecahan masalah adalah suatu kaidah yang kompleks yang menuntut sesorang untuk mengkoordinasikan pengalaman, pengetahuan, pemahaman dan intuisi dalam rangka memenuhi tuntutan dari suatu situasi .
Problem solving adalah sutu proses mental dan intelektual dalam menemukan masalah dan memecahkan data dan informasi yang akurat, sehingga dapat di ambil kesimpulan yang tepat dan cermat (hamlik 1994;151),Problem solving yaitu suatu pendekatan dengan cara problem identifikasi unntuk ke tahap sintesis kemudian di analisis yaitu pemilihan seluruh masalah sehingga encapai tahap application selanjutnya komprehension untuk mendapatkan solution dalam penyelesaian masalah tersebut.
Berdasarkan beberapa konsep tentang pemecahan masalah ( problem solving) seperti tersebut di atas, dapat di simpulkan bahwa yang di maksud model pembebelajaran problem solving adalah : sesuatu strategi pembelajaran yang mengaktifkan sisiwa dan dapat melatih sisiwa untuk menghadapi berbagai masalah serta dapat mencari berbagai pemecahan masalah atau solusi dari permasalahan yang ada tersebut. mengajar memecahkan masalalah berbeda dengan menggunakan pemecahan masalah sebagai strategi suatu pembelajaran .
Mengajar memecahkan masalahadalah mengajar bagaimana sisiwa memecahkan suatu permasalah .Sedangkan strategi pembelajaran pemecahan masalah (problem solving) adalah teknik mengajar melalui pemecahan masalah. Dengan demikian perbedaan keduanya terletak pada kedududkan pemecahan masalah itu sendiri.Mengajar memecahkan masalah berarti, pemecahan masalah itu sebagai isi atau conten dari pelajaran, sedangkan pemecahan masalah sebagai suatu strategi pembelajaran.
Beragam teori tentang pemecahan masalah telah di hasilkan oleh banyak pakar dan ahli manajemen .Akan tetapi , dari sederetan teori tersebut, metode pemecahan masalah secara analisis dipandang sebagai teori yang membentuk beragam kondisi dan suasana organisasi. Metode ini adalah salah satu pendekatan pemecahan masalah yang sering dilakukan, serta bisa meningkatkan individu .Dengan menggunakan metode ini seseorang dituntut bisa meningkatkan kualitas individu . dengan menggunakan metode ini , seseorang di tuntut bisa lebih kereatif dalam menganalisis sebuah permasalahan.
- Tahap tahap metode problem solving
1. Mendefinisikan masalah (Define the problem)