Lihat ke Halaman Asli

Siti Azizah

Mahasiswi IAIN Kediri

Trobosan Pembuatan Produk UMKM yang Diadakan Mahasiswa KKN IAIN Kediri Kelompok 8

Diperbarui: 31 Juli 2023   10:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Peserta Pembuatan Sabun & Mahasiswa KKN IAIN Kediri kelompok 8 (Dokpri)

Pada Hari Minggu, tanggal 30 Juli 2023, Kelompok 8 KKN IAIN Kediri telah mengadakan kegiatan Pemberdayaan UMKM, Praktek pembuatan sabun cuci piring.

Dengan rasa dan juang semangat para Ibu kader Puhrubuh telah berbondong-bondong membawa alat perangnya untuk pembuatan sabun yakni, timba, spatula, gayung, dan juga botol kosong.

Dengan menghadirkan pemateri ahli yaitu Bapak Agus dari desa Segaran, kecamatan Wates.
Kegiatan tersebut diikuti oleh 32 peserta yang pesertanya dari Ibu-ibu kader desa Puhrubuh yang bertempatkan di Balai Desa Puhrubuh.

Kegiatan pembuatan sabun ini diadakan untuk menciptakan ketrampilan guna menunjang perekonomian masyarakat desa Puhrubuh.

Kegiatan tersebut dibagi dalam bentuk kelompok agar mudah dalam mempraktekkan, satu kelompok kurang lebih ada 6 peserta.

Dalam kegiatan pembuatan sabun tersebut, pertama-tama Bapak Agus sang pemateri menjelaskan kegunaan macam-macam bahan yang akan digunakan dalam pembuatan sabun. Setelah usai penjelasan materi, Bapak Agus meminta peserta untuk mempraktekkan pembuatan sabun secara berurutan sesuai perintahnya.

Acara tersebut sangat meriah, karena dalam tengah-tengah acara atau acara inti saat proses mengaduk bahan sabun para Ibu juga asyik berjoget dengan alunan musik dangdut yang diputar oleh mahasiswa KKN kelompok 8 tersebut.

Mahasiswa KKN IAIN Kediri (Dokpri)

Tidak lupa setelah acara pengadukan selesai, ada fase menunggu 1 jam agar pembuatan sabun berhasil. Dengan menunggu hasil pembuatan sabun, Bapak Agus memberi kesempatan waktu kepada Ibu-ibu peserta untuk bertanya mengenai pembuatan sabun tersebut. Dan begitu aktifnya Ibu-ibu dalam menggunakan kesempatan tersebut.


Salah satu Ibu-ibu memberikan respon yang begitu positif pada kegiatan tersebut bahwa adanya kegiatan ini beliau sangat senang dan bermanfaat untuk masa depannya khususnya masyarakat Puhrubuh.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline