Lihat ke Halaman Asli

Siti Arniansyah Kusnul

Mahasiswi (19170005)

Perspektif Mengenai Penilaian dan Evaluasi

Diperbarui: 26 April 2020   16:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

evaluasi berasal dari bahasa inggris dari kata value yang artinya nilai, dalam evaluasi (Faith Arifah, 2012) menggunakan beberapa istilah yaitus tes, pengukuran, dan penilaian. Jadi, evaluation artinya proses membuat penilaian atau memutuskan kelayakan pendekatan tertentu atau pekerjaan siswa.

Penilaian merupakan proses pengukuran atas hasil dari kegiatan belajar anak selama proses belajar mengajar khususnya di lembaga pendidikan. Pengetahuan, keterampilan, kompetensi sikap spiritual dan juga sosial merupakan aspek-aspek yang dinilai selama proses belajar anak. Berbagai informasi mengenai kemajuan anak ini merupakan hasil belajar yang perlu disampaikan kepada orang tua anak didik. Dengan diperolehnya berbagai informasi tentang anak, orang tua dan guru memperoleh gambaran capaian hasil belajar anak.

Istilah evaluasi dibagi menjadi dua yaitu, evaluasi penilaian formatif dan evaluasi penialaian sumatif (Arends, 2013). Evaluasi penilaian formatif yakni penilaian yang dikumpulkan sebelum atau selama pengajaran serta dimaksudkan untuk menginformasikan kepada guru mengenai pengetahuan dan keterampilan awal siswa dan untuk membantu perencanaan guru dan pengambilan keputusan. Informasi dari penilain formatif ini tidak digunakan untuk tujuan evaluative, melainkan dalam membuat keputusan mengenai pekerjaan siswa.

Sedangkan evaluasi penilaian sumatif yaitu usaha yang dilakukan untuk menggunakan informasi mengenai siswa atau program setelah berlangsunya satu semester dalam pengajaran. Tujuannya adalah untuk meringkas seberapa baik kinerja seoarang siswa maupun guru dalam kaitannya dengan seperangkat standar atau tujuan pembelajaran. Informasi yang diperoleh dari penilaian sumatif digunakan oleh guru untuk menentukan nilai dan untuk menjelaskan laporan yang dikirimkan kepada siswa dan orang tua mereka.

Terdapat dasar pengetahuan yang luas mengenai aspek-aspek teknis penilaian dan evaluasi. Penelitian menunjukkan bahwa ganjaran eksternal, seperti nilai dapat memberikan insentif yang kuat bagi siswa dalam melakukan pekerjaan dan dapat memengaruhi pembelajaran siswa. Penelitian juga menunjukkan bahwa ganjaran eksternal terkadang memiliki efek negative, khususnya terhadap tugas-tugas yang instrinsik sudah dianggap menarik oleh siswa.

Tiga tujuan utama dari program penilaian kelas seorang guru, yaitu
1. Penilaian untuk pembelajaran
Penggunaan informasi penilaian ini sebagai pengetahuan awal, kesalahpahaman, dan minat siswa. Biasanya dilakukan sebelum dan selama pembelajaran. Contoh penilaian diagnostik. Penilaian diagnostik merupakan penilaian yang dilakukan untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dialami oleh siswa yang dapat memengaruhi proses belajar. Tes ini bertujuan untuk mengetahui kelemahan-kelemahan siswa yang kemudian hasil tersebut dapat digunakan sebagai tindak lanjut berupa memberikan perlakuan yang tepat dan sesuai kepada siswa. 

Tes ini juga dapat menentukan sejauh mana siswa memahami materi pembelajaran yang telah diberikan oleh guru. Guru dapat mengetahui materi mana yang belum siswa pahami yang kemudian guru tersebut dapat memberikan penjelasan dengan metode atau cara lain agar mudah dipahami oleh siswa. Selain itu, memantau pembelajaran dan memberikan balikan serta menuntun perencenan guru. Penilaian ini dapat dilakukan secara terus menerus. Contohnya, wawancara siswa secara langsung, survey pengetahuan, atau pengamatan resmi dan tidak resmi.

2. Penilaian sebagai pembelajaran
Penggunaan informasi penilaian digunakan untuk mengawasi diri sendiri dan pengarahan diri sendiri (siswa). Penilaian ini dilakukan sebelum dan selama pembelajaran. Contoh instrument penilaian diri sendiri. Yakni menilai sendiri mengenai pembelajaran mereka. Penilaian sejawat juga bisa untuk memudahkan pembelajaran bersama. Penilaian ini juga dilakukan kapan-pun.

3. Penilaian dari pembelajaran
Penilaian ini juga disebut penilaian sumatif. Mengumpulkan informasi tentang apa yang sudah dipelajari siswa dan pertumbuhan yang mereka capai dari pengajaran yang telah dilaksanakan. penilaian ini digunakan untuk menentukan nilai, promosi, dan penempatan. Contoh penilaian ini yakni melalui ujian unit yang dibuat guru, ujian akhir periode atau akhir semester, penilaian kinerja, tes baku, dan sebagainya.

Teknik penilaian yang dapat digunakan oleh tenaga pendidik yakni, (Kemendikbud, 2008)


1. Tes praktek atau tes kinerja (performance test)
Tes ini berupa tes keterampilan gerak (skill test). Biasanya dalam pendidikan jasmani untuk mengukur kemampuan psikomotorik peserta didik. Kesegaran jasmani, kelincahan, dan koordinasi merupakan unsur-unsur dalm keterampilan gerak. Seperti keterampilan bermain bola basket, sepak takraw, dan sebagainya. Kemampuan psikomotorik ini diukur setelah menyelesaikan satu kompetensi tertentu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline