Lihat ke Halaman Asli

SITI ARBAIYAH

Mahasiswa

Pengenalan Lingkungan Persekolahan dalam Merdeka Belajar, Bagaimana?

Diperbarui: 18 November 2022   09:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Blitar, 18  Agustus 2022 Mahasiswa PP3 Universitas Negeri diantar untuk melaksanakan program Asistensi Mengajar di SDN Karangtengah 1 Kota Blitar yang dibimbing oleh Ibu Yuniawatika, S.Pd, M.Pd .Program ini sebagai salah satu implementasi kegiatan Merdeka Belajar yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Malang. Salah satu program kerja yang diusung adalah Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), dengan Siti Arbaiyah sebagai koordinator di SDN Karangtengah 1. Dalam Pengenalan Lapangan Sekolah ini mahasiswa melaksanakan kegiatan yang meliputi kegiatan akademik, non akademik, serta administrasi di sekolah.  

Dalam kegiatan akademik mahasiswa melaksanakan kegiatan mengajar yang dimulai dari penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran yang berisi metode, media serta langkah-langkah pembelajaran dan dikonsultasikan kepada guru kelas, kemudian dilanjutkan dengan mempraktikkan rencana yang telah disusun dalam pembelajaran. Pada kegiatan non akademik mahasiswa AM SDN Karangtengah 1 melaksanakan program di perpustakaan dan unit kesehatan siswa. Sedangkan pada kegiatan administrasi, mahasiswa turut membantu Kepala Sekolah SDN Karangtengah 1 dalam melengkapi berkas administrasi Penilaian Kerja Kepala Sekolah (PKKS).

Tujuan diadakannya program ini adalah untuk mengenalkan kepada mahasiswa mengenai keberlangsungan kegiatan yang ada di sekolah secara riil. Selain itu, inilah waktu yang tepat bagi mahasiswa untuk mengimplementasikan serta membandingkan teori yang telah dipelajari di bangku perkuliahan. Diharapkan kegiatan ini  dapat menjadi pengasah skill bagi mahasiswa untuk menjadi calon pendidik yang professional, sehingga dapat menwujudkan lingkungan sekolah yang kondusif, efektif, dan nyaman berdasarkan kegiatan akademik, non akademik, serta administrasinya yang berjalan secara beriringan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline