Lihat ke Halaman Asli

Siti Aisyah

Mahasiswa

Perkembangan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)

Diperbarui: 17 Desember 2022   22:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Yang pertama adalah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di dunia perkembangan TIK. Kini diawali dari zaman prasejarah yang berlangsung hingga tahun 3000 sebelum masehi, manusia pada zaman ini masih belum mengenal istilah teknologi sehingga mereka mencoba untuk berkomunikasi menggunakan gambar yang mereka gambar di dinding-dinding gua tempat mereka tinggal, kemudian cara berkomunikasi mereka semakin berkembang, yaitu mereka mulai menggunakan Bahasa isyarat.

Komunikasi mereka sehari-hari selanjutnya kemampuan mereka semakin bertambah dan berkembang lagi, sehingga mereka mulai menciptakan alat yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi. Contohnya seperti kentongan yang terbuat dari tanduk Hewan, setelah mereka dapat menyampaikan informasi menggunakan bahasa isyarat dan alat komunikasi seperti kentongan mereka juga mulai menciptakan suatu simbol seperti piktograf yang digunakan untuk melambangkan huruf setelah memasuki zaman prasejarah, manusia mulai memasuki zaman sejarah yang berlangsung antara tahun 3000 sebelum masehi sampai 1400 masehi.

Pada zaman ini ilmu pengetahuan mulai berkembang dan manusia juga mulai untuk mengasah kecerdasannya sehingga hal ini berdampak langsung terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, contohnya saja seperti bangsa Mesir kuno yang menciptakan simbol pada tahun 2900 sebelum masehi dan pada tahun 500 sebelum masehi, kertas mulai ditemukan dan Cina mulai mengembangkan kertas seperti yang ada saat ini perkembangan TIK juga masih berlangsung sampai zaman modern yaitu tahun 1453 sampai sekarang.

Seperti yang dapat kita lihat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada zaman modern ini jauh lebih berkembang dibandingkan zaman sebelumnya, hal ini ditunjukkan dengan penemuan telegraf hingga telepon sampai handphone dan saat ini berkembang menjadi smartphone dan penulisan program komputer pertama kali sampai penemuan televisi pun terjadi pada zaman modern ini, dan selanjutnya adalah penemuan terbesar pada zaman modern ini yaitu

penemuan internet dan website dimana masyarakat bisa menggunakan internet untuk mencari  informasi yang mereka butuhkan.

Pembangunan teknologi informasi dan komunikasi atau ip-tik indeks pembangunan teknologi informasi dan komunikasi dikembangkan oleh International telecommunication Union dengan nama aishite development.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline