Lihat ke Halaman Asli

Siti Aisyah

Mahasiswa Sastra Inggris - IPB Invada

5 Kiat Menjadi Seorang Interpreter yang Sukses

Diperbarui: 3 Juli 2023   19:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source: www.tranzpal.com

Hai guys! Tahukah kamu di jaman modern dan era digitalisasi sekarang ini kemampuan bahasa asing sangatlah berpengaruh, mulai dari dunia sekolah, kuliah, hingga dunia kerja sangat dibutuhkan, terlebih lagi buat kamu yang sedang bekerja dalam dunia online, internet, ataupun freelance. Maka cara jitu apakah untuk mendapatkan peluang pekerjaan yang besar yaitu di dunia online dan apakah itu pekerjaanya? 

Ya, benar! Menjadi seorang penerjemah lisan (interpreter) bahasa seperti penerjemah bahasa inggris, korea, jepang, china dan lain sebagainya. Tentunya dengan mempunyai kemampuan bahasa inggris yang semua orang sudah tahu bahwa itu adalah bahasa internasional (mendunia) merupakan skill yang sangatlah krusial / penting, selain bermanfaat untuk diri sendiri, bisa pula dimanfaatkan dalam dunia kerja di ruang lingkup manapun. 

Tidak banyak orang yang bisa berbicara dan menulis dalam bahasa asing apalagi secara fasih. Nah, jika kamu salah satunya yang mempunyai kemampuan berbahasa Inggris yang bagus, maka maksimalkanlah potensimu.

Lalu, bagaimana cara / kiat-kiat menjadi seorang interpreter yang sukses? Semoga tulisan saya ini dapat bermanfaat buat kamu yang sedang mencari cara menjadi seorang penerjemah lisan yang handal.

Kiat-kiat menjadi seorang interpreter yang sukses:

1. Mencari Relasi

Seperti kita harus mencari tahu komunitas / perhimpunan penerjemah bahasa asing di media sosial dan bergabung ke dalam grup tersebut. Dari situ nantinya, kita bisa mendapatkan relasi yang bertujuan untuk bertukar informasi tentang job, tata aturan menjadi seorang interpreter, dan masih banyak informasi lainnya yang bisa kita dapatkan dari mencari relasi ini.

2. Dapat Dipercaya

Dapat dipercaya disini, diartikan dengan melakukan banyak latihan yang konsisten, sehingga dapat menciptakan kompetitor yang unggul. Jadi, pada intinya kita pula harus melatih diri kita sesering mungkin, seperti mengimplementasikan berbicara bahasa asing (Inggris) di kehidupan sehari-hari agar terbiasa dan dapat menambah kosa kata bahasa Inggris. Disisi lain, kita harus terbiasa berbicara depan banyak orang (public speaking) agar tidak nervous ketika di tes.

3. Memiliki Daya Ingat yang Kuat

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline