Lihat ke Halaman Asli

Empat Alasan Ridwan Kamil Perlu Menggandeng Maman Imanulhaq

Diperbarui: 13 Desember 2017   09:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Emil-Maman untuk Jawa Barat (jabarberkibar.id)

Belakangan ini nama Kang Maman (KH. Maman Imanulhaq) semakin moncer sebagai salah satu kandidat pemimpin Jawa Barat. Namanya lekat sebagai calon wakil gubernur mendampingi Ridwan Kamil. Nama Kang Maman menjadi penting dalam bursa pemimpin Jabar 2018 dan sangat memungkinkan untuk berduet dengan Ridwan Kamil.

Jika Gusti Allah meridloi, pemilihan pasangan Kamil-Maman ini sangat pas karena beberapa alasan sebagai berikut:

Pertama, Ridwan Kamil selama ini berpengalaman dalam urusan tata kota. Mengurus Jawa Barat membutuhkan komitmen terhadap masalah perdesaan. Kang Maman bisa mengisi hal tersebut karena selama ini pergulatannya lebih banyak berurusan dengan masyarakat akar rumput. 

Sebagai anggota DPR-RI ia terbiasa mengurus masalah-masalah di dapilnya, Majalengka-Sumedang-Subang yang hampir semuanya berurusan dengan desa dan tata hidup perdesaan.

Kedua, Ridwan Kamil adalah sosok nasionalis. Sekalipun nama Ridwan Kamil adalah nama santri namun fair harus dikatakan kiprahnya dalam urusan keagamaan tergolong minim karena profesi hidupnya sebagai arsitek dan kiprahnya sebagai walikota Bandung tidak memungkinkan mengurus keagamaan. Ini bukan semata soal identitas, melainkan soal kiprah. Jika Kamil-Maman berpadu urusan akan klop.

Ketiga, Ridwan Kamil asli bandung, lahir dan besar serta banyak berkiprah dalam kawasan Jawa Barat pedalaman, sementara Kang Maman kiprahnya sangat lekat dengan kawasan pesisir pantura. Ridwan Kamil sangat lemah interaksinya dengan wilayah pantura, terutama Purwakarta, Subang, Indramayu, Bekasi, Majalengka, Kuningan, Cirebon. 

Sosok Kang Maman sangat kuat di beberapa kabupaten tersebut sebagai seorang mubaligh. Bahkan jauh sebelum dirinya menjadi tokoh nasional dari NU, Kang Maman sangat terkenal dan membumi di beberapa kabupaten tersebut. Lain daripada itu, sosok Kang Maman sebagai tokoh NU juga mudah diterima di seluruh Kabupaten Jawa Barat. Kang Maman punya akar sebab dengan brand NU dia sangat dikenal warga NU di Jawa Barat.

Keempat, Ridwan Kamil selama ini berpestasi lebih pada urusan pembangunan Infrastruktur, yaitu penataan Sumber Daya Alam. Sementara problem Indonesia, terutama di Jawa Barat saat ini membutuhkan konsentrasi pada usaha mengurus Sumber Daya Manusia, seperti pendidikan, kemiskinan, ketenagakerjaan pertanian dan lain sebagainya. 

Kang Maman juga memiliki kelebihan karena memiliki visi dan kepedulian sosial yang tinggi terhadap kelompok keluarga Pra Sejahtera (Sangat miskin) dan Sejahtera I (Miskin) yang notabene menjadi problem paling mendasar di Jawa Barat. Dengan menggandeng Kang Maman, Ridwan Kamil akan diuntungkan.[]

Tulisan mengutip pendapat Khoiril Anwar. Koordinator Relawan ILMAN (Emil Maman)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline