Lihat ke Halaman Asli

Persiapan Administrasi untuk Pelantikan KPPS Secara Serentak 25/01/2024

Diperbarui: 24 Januari 2024   14:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi, Persiapan Pelantikan KPPS Serentak

Pemilu Serentak tanggal 14 Februari semakin mendekati. kegiatan pemilu kali ini, suhu politik semakin tinggi dan panas, hal ini dapat dilihat dari banyaknya kecurangan dan laporan mengenai pelanggaran kampanye kepada bawaslu. Berdasarkan catatan bawaslu bahwa tahun ini tingkat kecurangan yang terlapor di bawaslu semakin banyak, dan meningkatnya partisipasi masyarakat terhadap untuk melaporkan berbagai hal kecurangan pemilu tahun 2024. 

Tahap demi tahap kegiatan pemilu ini telah dilalui, perekrutan dan kegiatan KPPS dilakukan. kemarin kegiatan pelatihan bagi PPS desa/kelurahan dari berbagai desa dikumpulkan dalam satu kegiatan dan kemudian diberikan pembekalan terkait kegiatan dan mekanisme pelaksanaan pemilu yang akan datang. 

kegiatan yang dilakukan selanjutnya adalah persiapan pelantikan KPPS yang serentak dilakukan tanggal 25 Januari 2024. Olehnya itu berbagai aktivitas yang dilakukan oleh PPS desa/kelurahan selanjutnya melakukan berbagai persiapan kegiatan Pelantikan besok yang akan dilakukan. adapun berbagai kegiatan yang dilakukan PPS diantaranya:

  • persiapan berkas administrasi pelantikan yang dilakukan, mulai dari daftar hadir, berita acara dan teks pelantikan yang nantinya akan dibacakan oleh ketua PPS.
  • menyiapkan undangan untuk kepada kepala desa, PPK, Pengawas atau bawaslu, KPU, untuk hadir dalam pelantikan yang besok dilaksanakan.
  • Menyamakan persepsi kegiatan yang akan dilakukan, dengan cara memandu syarat peserta yang hadir dalam pelantikan nantinya menjadi wajib seluruh KPPS yang terpilih. Yaitu memakai baju Rapi, dengan Batik, kerudung hitam dan sebagainya. 
  • Menyiapkan berbagai persiapan di ruangan aula yang akan dipakai, dan berbagai hal yang dibutuhkan untuk persiapan besok, mulai dari kursi-kursi dan meja, persiapan komsumsi dan lain sebagainya.

PPS dalam kegiatannya ini menjadi Dasar akan terselenggaranya program pelantikan yang besok dilakukan menjadi berhasil. Kerjasama yang dilakukan ini menjadi dasar dalam pelaksanaan kegiatan yang ada. Kegiatan dan kerjasama yang sinergitas antara PPS dan KPPS nantinya akan menghasilkan Pemilu yang damai dan tenteram serta berkeadilan untuk sesama. 

Semangat Petugas KPPS untuk pelantikan Besok

Semangat PPS dalam mempersiapkan Pelantikan Besok

Selamat Bekerja




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline