Lihat ke Halaman Asli

Determinasi Artikel Jurnal Ilmiah "Perencanaan Pendidikan, Jurnal Adara: Manajemen Pendidikan Islam"

Diperbarui: 4 Januari 2024   10:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jurnal Adaara adalah jurnal yang dikelola oleh prodi manajemen pendidikan islam IAIN Bone yang mulai diterbitkan sejak 2015, dengan dasar pertama kali diterbitkan dengan jurnal secara hard copy atau fisikly, belum ada web yang dapat diakses oleh orang banyak dan diluar kampus, sehingga jurnal-jurnal yang ada sebelumnya penulisnya berasal dari kampus IAIN Bone itu sendiri, dan rata-rata bagi dosen MPI yang memiliki kapasitas dalam menulis jurnal dan memiliki ketertarikan terhadap Manajemen pendidikan Islam.

Jurnal Adaara pada tahun 2018 juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa nya yang memiliki kompetensi dalam menusli jurnal untuk diterbitkan bersama dengan hasil karya dari penulis seorang dosen. Terbukti pada tahun 2018, penulis yang juga pada tahun tersebut berada di semester 6 kemudian ikut terjun dalam dunia jurnal. Pertama kalinya membuat jurnal dan juga bersaing dengan dosen-dosen untuk menerbitkan tulisan-tulisan di Jurnal Adaara ini. 

Pada Tahun 2018 tersebut, Jurnal dikumpulkan di pengelola jurnal jurusan dan masih dikelola oleh pihak jurusan tarbiyah, serta proses penerbitaanya masih menunggu sekitar 3 bulan dan terbit dalam dua kali setahun ayitu bulan juli dan desember. Jurnal diterbitkan dalam bentuk fisik buku jurnal yang memuat 15 jurnal dalam setiap edisinya. Penulis memiliki 1 jurnal hardcopynya, dan satunya lagi disimpan di prodi sebagai bekal dan arsip bagi prodi MPI itu sendiri. 

Kemudian apa yang menarik dalam judul tulisan perencanaan pendidikan yang ditulis Oleh Mahasiswa semester 6 MPI IAIN Bone tersebut. Berikut kami Uraikan Determinasi atau kesimpulan dari Jurnal tersebut.

Latar Belakang:

Jurnal                    : Adaara  Manajemen Pendidikan Islam

Judul Jurnal        : Perencanaan pendidikan

Penulis                 : Siti Aisyah, Aisyah (Penulis Sendiri)

Jenis Penelitian: Penelitian Pustaka

Intisari: Penelitian atau jurnal perencanaan pendidikan diramu dengan berbagai intisari beberapa buku tentang perencanaan pendidikan. Salah satu alasan penulis membahas tentang perencanaan pendidikan, karena ada mata kuliah perencanaan pendidikan susahnya ditemukan sumber-sumber buku di internet yang membahas secara menyeluruh tentang perencanaan pendidikan, kemudian ditelusuri juga para jurnal-jurnal perencanaan pendidikan, tidak ada yang membahas secara luas tentang perencanaan pendidikan, dan biasanya menyangkut dan dihubungkan dengan variabel atau fokus masalah lain. 

perencanaan pendidikan adalah dasar dilakukannya suatu kegiatan pendidikan, untuk mengembangkan pendidikan sehingga hasilnya nanti diperoleh secara maksimal efektif dan efesien.  Perencanaan menjadi awal dari segala kegiatan pendidikan, sehingga sangat penting untuk dibahas. adapun materi yang dibahas dalam jurnal tersebut diantaranya: 

  • Pengertian Perencanaan pendidikan
    • Perencanaan Pendidikan adalah penentu dan pemberi arah dalam melaksanakan kegiatan pendidikan, perencanaan ini dilakukan pada awal pelaksanaan kegiatan pendidikan.

  • karakteristik Pendidikan
    • perencanaan bersifat rasional
    • Memiliki tujuan sosial dan tujuan khusus dan umum
    • Merupakan rencana kegiatan
    • Bersifat dinamis
    • Perencanaan secara umum menyangkut pertanyaan 5w+1H. yaitu apa, mengapa, dimana, kapan, siapa, dan bagaimana melakukan pendidikan.
  • Prinsip umum pendidikan
    • Keseluruhan
    • berintegrasi
    • efesien
    • multidisiplin
    • fleksibel atau mudah berubah
    • objektif
    • lengkap
    • berkelanjutan
  • Jenis pendekatan perencanaan pendidikan
    • Pendekatan kebutuhan sosial misalnya penduduk,  partisipasi, arus murid, dan ketertarikan jurusan atau keinginan masyarakat.
    • pendekatan ketenagakerjaan misalnya memperhatikan kebutuhan lapangan pekerjaan
    • pendekatan keefektifan biaya, biaya dianggap hal utama untuk  diperhatikan  karena suatu lembaga tidak bisa dibangun atau tumbuh tanpa adanya dana yang dikelola untuk pengembangannya. 
    • Pendekatan terpadu yaitu memadukan semau pendekatan perencanaan yang ada. Inilah pendekatan yang dianggap paling baik, untuk meminimalisasi berbagai kekurangan setiap pendekatan penelitian. 
  • Tipe perencanaan
    • Segi Waktu terbagi atas perencanaan jangka pendek, menengah dan panjang.
    • segi ruang lingkup berarti perencanaan dari segi mikro, meso dan makro.
    • segi jenjang pendidikan misalnya jenjang pendidikan dasar, lanjutan, menengah dan perguruan tinggi.
  • Proses Perencanaan
    • Menyusun perencanaan 
    • Menyusun kegiatan yang akan dilakukan
    • pelaksanaan rencana
    • mengawasi rencana tersebut. 
  • Pelaksanaan perencanaan pendidikan di lapangan
    • pada bagian ini, penulis menguraikan tentang langkah-langkah yang harus di tempuh dalam prosenya, diantaranya pemberian kewenangan kepada sekolah untuk mengatur sendiri lembaganya.
    • Penyelenggaraan pendidikan pada lembaga sekolah (visi, misi dan struktur organisasi)
    • analisis SWOT
    • Biaya dan penggunaan Sumber Daya yang ada. 
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline