Lihat ke Halaman Asli

Menu Pisang baik untuk Kesehatan Tubuh

Diperbarui: 25 Desember 2023   09:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahan Pisang  "Utti oto"

Menu olahan pisang untuk KesehatanKamu penyuka buah-buahan yang satu ini? Buah pisang?  Buah pisang adalah salah satu jenis makanan yang paling banyak diminati oleh para kalangan orang-orang tua dahulu sampai sekarang ini. Buah pisang dalam hal ini adalah buah yang waktu pertumbuhannya dapat dikendalikan. 

Dan buah dalam satu pohon adalah satu pula.  Pohon pisang terdiri atas berbagai jenis manfaat seperti dengan jenis pohon mangga.Pisang selain dapat digunakan untuk olahan kue juga dapat digunakan untuk olahan ikan dan sayuran seperti pisang mandar, pisang nugget, sayur nangka pisang, dan jenis olahan makanan lainnya.

Pisang dalam pertumbuhannya dalam satu pohon hanya bisa menghasilkan satu buah pisang saja, yang terdiri atas beberapa sisir pisang.  
Jenis pohon pisang juga bermacam-macam, ada jenis pohon pisang kepok, pisang raja dan jenis pisang lainnya.  

Buah pisang mulai dari batang, daun, jantung pisang dan buahnya semuanya bisa digunakan dan dimanfaatkan mulai dari batang sebagai pakan ternak dan bahan pupuk kompos, daun pisang untuk membungkus makanan dan buah pisang untuk olahan pisang dan sayuran dengan menggunakan pisang yang muda.

Pisang memiliki kandungan zak gula dan karbohidrat yang banyak, sehingga beberapa orang yang memiliki riwayat penyakit maag, gula dan lainnya bisa menjadikan pisang ini sebagai makanan pokok pengganti nasi atau roti.

Pisang ini juga dapat dijadikan makanan pengganti bagi mereka yang ingin diet, karena dapat menghasilkan energi yang besar dan mampu dilakukan dengan prosedur yang berarti dan tentu dengan pola makan yang teratur.

Olahan pisang juga dapat dijadikan sebagai olahan minuman. Sebagaimana kita ketahui sekarang ini mulai merebaknya sistem pedagang yang beralih ke olahan-olahan buah dan sayuran untuk dijadikan makanan dan minuman disekitar kita, hal ini dilakukan guna untuk mempromosikan kepentingan dan manfaat buah dan sayur di sekitar kita.

Beberapa jenis olahan minuman yang terkenal dengan omset ratusan ribu adalah jenis minuman yang dipopulerkan dari kata UTTON, yang memiliki singkatan Utti Tonji yang artinya "pisang lagi".olahan pisang yang dicampur dengan berbagai varian rasa lain ini kemudian dipopulerkan dan banyaknya diminati oleh para kalangan muda. Ini membuktikan bahwa olahan buah yang berasal dari buah yang biasa saja dan tidak terlalu diminati akan mengalami perkembangan dan diminati oleh masyarakat jika diolah dan adanya inovasi untuk menciptakan olahan yang diminati, disukai dan memberi Manfaat lebih dalam pemenuhan gizi seimbang.

Olahan pisang lainnya yang dapat kita dapatkan di kampung-kampung atau desa dengan kekhasan aroma tungku arang  dan aroma daun pisang, yaitu "Utti oto" yang dibuat oleh orang-orang tua. Adalah jenis olahan makanan yang sangat ditunggu-tunggu oleh para perantau dan dapat diolah kembali menjadi makanan yang didapatkan sehat dan berkualitas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline